Madrasah hebat bermartabat- Lebih baik madrasah - Madrasah lebih baik

Breaking News

01 February 2019

BANGGA DENGAN NAMA KITA

Assalamualaikum warohmatullah Sahabatku semua , kami menyapa dengan do'a semoga sahabatku dimanapun berada tetap dalam lindungan-Nya, menjalani aktivitas keseharian dengan penuh senang dan bahagia, Amin Ngomong-ngomong soal nama, boleh nanya ngga?? Kita punya nama sekarang ini siapa yang ngasih nama kita? Kita senang dengan nama kita? Sudahkah kita bangga dengan nama kita? Apa kita pernah pesan nama yang keren untuk bapak/Ibu dulu waktu lahir? Adakah keinginan untuk merubah nama kita?



Tidak jarang kita jumpai , entah diri kita sendiri, teman, tetangga, kenalan atau bahkan artis idola kita yang berganti nama. Apa penyebabnya? Yang tahu tentu yang bersangkutan sendiri, namun setidaknya karena beberapa alasan antara lain merasa tidak bangga dengan namanya sendiri. Ingin nama keren dari nama yang sebenarnya, atau ingin menyamarkan diri he he. Banyak juga saya punya kenalan di media social facebook dan yang lain dengan nama samaran, mungkin saja ya ?? bukan niatan untuk nyindir lho he he he ……. No problem, yang penting happy dan itu privacy.

Pemberian nama kepada anak adalah kewajiban orang tua. Untuk itu, berilah nama yang baik kepada anak-anakmu, sebagaimana disebutkan dalam hadits Nabi yang berbunyi : “Sesungguhnya kamu semua akan dipanggil pada hari Kiamat dengan nama-nama kamu sekalian,maka perbaguslah nama kalian.” HR Abu Dawud

Baca Juga Artikel lainnya :

Pemberian nama anak mengalami perkembangan yang signifikan sesuai dengan zamannya. Dahulu ketika seseorang mempunyai anak yang baru lahir, mereka bergegas ke rumah seorang kyai/ulama/sesepuh kampung untuk mengabarkan kelahiran anak sekaligus meminta barokah nama. Nama yang diberikan adakalanya merujuk pada daerah atau suku yang bersangkutan, ada yang merujuk pada keluarga besarnya dan ada yang merujuk pada ajaran agamanya. Dalam islam sendiri ada rujukan nama-nama yang dianjurkan semisal tabarrukan pada nama-nama Nabi dengan segala kombinasinya, nama-nama Asmaul Husna dengan segala kombinasinya (semisal Abdur Rohman), dan lain sebagainya.

Pada era sekarang ini, perkembangan Informasi dan Teknologi, beragam aplikasi nama-nama bayi yang indah dan keren sudah sangat mudah ditemukan di playstore dan aplikasi android lainnya, Tinggal kecenderungan kita sebagai orang tua mau pilih yang nuansa agamis,modern atau yang mana, silakan. Yang jelas kalau kata orang bijak, nama adalah do’a. So….berikanlah nama kepada anak kita yang kelak nama itu menjadi kebanggaan bagi dirinya, bagi orang tua, sekaligus menjadi do’a kebaikan agar menjadi putra -putri yang sholih-sholihah, berbakti kepada orang tua, berguna bagi nusa bangsa dan agama, Amin

www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
Jangan lupa baca artikel : PORSADIN Kudus 2018

Untuk melihat lebih jauh tentang semua postingan blog kabarmadrasah ini,, silakan kunjungi Daftar Isi ]

Semoga bermanfaat dan jangan lupa  klik tombol like dan Share Terima Kasih
Comments
0 Comments

No comments:

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Kabarmadrasah.com