Madrasah hebat bermartabat- Lebih baik madrasah - Madrasah lebih baik

Breaking News

17 January 2021

MAHA GURU - SYAIR YANG BIKIN HARU

Kabarmadrasah.com - Mendengarkan syair lagu ini , bagaimana perasaan Anda??? silakan saja disimak :



Guru belahan jiwa kekasih yang sempurna
Akhlakmu mempesona duhai bulan purnama

Bunga-bunga bersemi di atas tanah suci
Mekar indah mewangi cintamu kan abadi
Ke seluruh penjuru kau tegakkan agama
Jagat raya gempita menyambut akhlak mulia

Guru belahan jiwa kekasih yang sempurna
Akhlakmu mempesona duhai bulan purnama

Ku nyanyikan lagumu dengan senandung rindu
Kekasih yang ditunggu wahai kau maha guru
Berlimpahnya cintamu mulianya ajaranmu
Tumbuh subur di kalbu jantung darah dagingku

Guru belahan jiwa kekasih yang sempurna
Akhlakmu mempesona duhai bulan purnama




Guru jalan hidupku hingga akhir hayatku
Ku ikut agamamu jangan tinggalkan aku

Guru belahan jiwa kekasih yang sempurna
Akhlakmu mempesona duhai bulan purnama

Maju bangkitlah jiwa hati penuhi cinta
Maju bangkitlah jiwa hati penuhi cinta
Janganlah kau tergoda oleh surga dunia
Karena tujuan kita hanya Dia semata

Guru belahan jiwa kekasih yang sempurna
Akhlakmu mempesona duhai bulan purnama

Wahai para perindu tetapkanlah langkahmu
Menuju sang petunjuk jalan lautan biru
Tuk menggapai fitrahmu makna kesucianmu
Tuk menggapai fitrahmu makna kesucianmu

Guru belahan jiwa kekasih yang sempurna
Akhlakmu mempesona duhai bulan purnama

Judul             : Maha Guru
Artist             : Mayada
Souce Video : Sardi Kedaton Channel
Baca selengkapnya ...

07 January 2021

Bimtek Implementasi EDM dan E-RKAM di Kabupaten Kudus

 

Kabarmadrasah.com – Dalam rangka implementasi Proyek  Realizing Education’s Promise – Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR), Kementrian Agama Kabupaten Kudus menyelenggarakan Bimbingan Teknis penerapan sistem  Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Rencana Kerja Anggaran Madrasah berbasis Elektronik (E-RKAM)

Ka.Kankemenag Kudus dan Kepala MAN 2 Kudus 
saat upacara pembukaan BIMTEK 

Kegiatan ini diikuti oleh Tim Inti Madrasah yaitu Kepala, Bendahara dan Staff Madrasah yang dipandu oleh Tim Inti Kabupaten (TIK)  dengan sasaran peserta 88 madrasah (MI, MTs,MA) yang akan dibagi dalam 7 rombel dan 4 angkatan/gelombang selama bulan Januari  2021.

Bimtek dilaksanakan mulai pukul 07.30 sampai 16.45 WIB selama 5 hari setiap rombelnya di MAN 2 Kudus secara bertahap dengan tetap menjaga disiplin protokol kesehatan yang ketat dan mematuhi 3 M ( memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak).

 

Adapun jadual pelaksanaan jika tidak ada perubahan adalah sebagai berikut :

A.  Angakatn ke-1

Rombel 1        dan 2       : 04 s/d 08 Januari 2021

B.  Angkatan ke-2

Rombel 3        dan 4       : 11 s/d 15 Januari 2021

C.  Angkatan ke-3

Rombel 5        dan 6       : 18 s/d 22 Januari 2021

D. Angkatan  ke-4

Rombel 7                        : 25 s/d 29 Januari 2021

 

Acara dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Kudus, Drs. H. Akhmad Mundakir, M.SI, sekaligus memberikan penjelasan Proyek REP-MEQR. Dengan mengingatkan segi tiga emas madrasah yang harus bersinergi agar madrasah maju yaitu Pengurus/yayasan, Kepala madrasah dan jajarannya, serta Komite madrasah. Mereka harus berperan sesuai porsi dan perannya masing-masing.

Baca Juga

“Hal yang terpenting dari Bimtek ini adalah tindak lanjut pelaksanaan hasil setelah bimtek” imbuhnya

 

Sementara Kasi Penmad Kemenag Kudus, H.M. Kafit, S.Ag.M.Pd memberikan materi topik Isu Strategis Peningkatan Mutu Madrasah. Beliau menyampaikan terkait berbagai regulasi yang ada dengan menyandingkan fakta-fakta lapangan. Mulai dari regulasi pergantian  kepala madrasah oleh system Simpatika, regulasi dana BOS terkait buku ajar dan LKS, dll

 


Adapun Tim Inti Kabupaten ( TIK) kabupaten Kudus yang menangani Bimtek EDM dan E-RKAM ini terdiri dari Dra. Hj. Siti Zumaroh, M.Pd, Suyono, S.Pd.I.M.Pd, Maulana Malikuddin, M.Si. Septianti, M.Pd

 

Dari beliau-beliau inilah kami dibimbing bahwa Evaluasi Diri Madrasah (EDM) adalah suatu proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan ditingkat madrasah berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Dengan EDM,  madrasah mampu mengetahui aspek-aspek yang perlu ditingkatkan, serta kekuatan dan kelemahan  yang ada di madrasah dapat diidentifikasi.

 

Hasil EDM akan  digunakan sebagai bahan untuk menetapkan jenis-jenis program/kegiatan prioritas dalam penyusunan rencana peningkatan dan pengembangan madrasah yang dituangkan dalam rencana kerja dan anggaran madrasah (RKAM).

 

Bimtek dilaksanakan dengan mengenalkan Google Suite for Education dan Aplikasi EDM dan RKAM berbasis web kepada madrasah khususnya kepada Kepala, Bendahara dan Staff/Operator sehingga dapat mengimplementasikan Aplikasi ini.

 

Peserta diajarkan bagaimana membuat kelas virtual dan pengisian EDM serta RKAM berbasis elektronik. Diharapkan kegiatan ini akan memberikan banyak kemudahan bagi madrasah.

Demikian artikel ini semoga berkah dan bermanfaat bagi kemajuan madrasah menuju Madrasah Hebat Bermartabat.

www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
jangan lupa baca artikel :Download RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Baca selengkapnya ...

01 January 2021

UPZISNU Ranting Sambung Realisasikan Program Bantuan Sosial Kematian

  

Kabarmadrasah.com- Pengurus NU Sambung Undaan se-banom melalui UPZISNU menyerahkan bantuan sosial kematian kepada keluarga yang mendapatkan musibah di wilayah setempat ( Kamis, 31/12/2020)

Secara reflektif ketika mendengar berita lelayu, pengurus NU dan UPZISNU Sambung akan bergerak dan merapat untuk menjalankan program bantuan sosial kematian. Meski tidaklah seberapa dari segi materi, namun bantuan itu diharapkan sedikit dapat membantu keluarga yang terkena musibah.

Juga tidak ketinggalan, bantuan berupa doa melaui tahlil semoga amal baik almarhum-almarhumah diterima oleh Allah SWT, segala kekhilafan diampuni oleh Allah SWT serta yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan

 

Program INUK ( Infaq Nahdlatul Ulama Kudus) di MWC NU Undaan yang beberapa waktu dilaunching bersama oleh PCNU Kab. Kudus saat pelantikan Pengurus MWC NU Undaan dan Semua Pengurus ranting ( baca artikel : Pelantikan MWC Undaan), disusul sosialisasi yang intens di setiap rantingnya kini secara bertahap sudah mulai dijalankan dan dirasakan di tengah masyarakat

Dari program INUK inilah, muncul program turunan di tingkat ranting sesuai komitmen dan urgensi program di masing-masing ranting / desa.

Untuk UPZISNU Ranting Sambung dalam rapat koordinasi program ( lihat artikel : UPZISNU Desa Sambung adakan koordinasi program) telah sepakat untuk menjalankan berbgai program sosial kemasyarakatan, yaitu santunan kematian warga, subsidi ke lembaga-lembaga pendidikan, pembiayaan kegiatan organisasi NU se-badan otonom, serta kegiatan sosial / mabarrot lain

Program UPZISNU Ranting Sambung ini merupakan wujud nyata dari kepedulian semua warga masyarakat dalam mensukseskan kaleng INUK. Melalui hasil pengumpulan dana dari kaleng Infak Nahdlatul Ulama Kudus(INUK) dari warga NU telah bisa dirasakan manfaatnya.


Dengan didampingi Ketua Tanfidhiyah NU Ranting Sambung, Kusnudin, S.Pd.I, M.Pd, Ketua pengurus UPZIS NU CARE-LAZISNU PR NU Desa Sambung, Moh. Nasrudin menyerahkan langsung bantuan berupa paket sembako dengan mengunjungi rumah duka

Terkait program-program lainnya, saat ini sedang pengumpulan data anak yatim, piatu, yatim piatu dan dhu’afa yang menempuh pendidikan baik di lembaga formal (PAUD, TK, RA, SD, MI, MTs, SMP ) maupun nonformal (TPQ dan MADIN) untuk kemudian diberikan keringanan biaya sekolah berupa bea siswa.

Baca Juga

 

PRNU Sambung sebadan otonom sangat berterima kasih kepada masyarakat yang telah menyisihkan sebagian rezekinya lewat kaleng INUK. Semoga program ini bisa lancar, berkah,dan diterima serta dirasakan langsung oleh warga.

Ketua MWC NU Undaan, Hikman Najib, S.Ag melalui pesan WAG mengapreasi kegiatan ini dengan sangat baik.

“Selamat untuk PRNU Sambung, yang sudah bisa memulai program barunya yaitu Bantuan sosial kematian. Kami yaqin program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Semoga program tersebut bisa berjalan lancar barokah manfaat. Dan kami kira program ini patut dicontoh oleh PRNU yang lain. Semoga perjuangan mereka tercatat sebagai amal ibadah. Aamiin” pesan beliau.

 

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi kebaikan bagi kita semuanya Aamiin

www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
jangan lupa baca artikel :Download RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Baca selengkapnya ...

23 December 2020

Mari bersholawat, semoga mendapat Syafaat

 

Pernahkah terpikirkan oleh kita, bagaimana nasib masa depan kita? Bukan masa depan mau kerja apa, atau punya anak berapa, atau kepemilikan mobil atau rumah?

Tapi masa depan berkaitan dengan nasib kita nanti di akhirat.

 


Di akhirat, semua manusia akan dikumpulkan untuk dihisab.

Allah meminta pertanggung jawaban atas hal terkecil yang pernah kita lakukan.

 

Begitu lama manusia berdiri menanti untuk dihisab.

Apakah tidak capek?"

Ya mana bisa capek, disitu isinya cuma bingung, cemas, sedih meratapi nasib kita nanti. Mana kerasa kaki pegel?

 

Semua orang tidak punya harapan penolong kecuali satu, yaitu dapat Syafaat dari Nabi Muhammad SAW. Itulah yang bisa membantu kita.

 

"Emang untuk siapa sih syafaat Nabi?

Apa untuk orang yang dosa kecil? Apa untuk orang yang ahli ibadah?"

 

Rasulullah SAW bersabda :

 

شفاعتي لاهل الكبائر من امتي.

"Syafaatku untuk ummatku yang berdosa Besar."

 

"Cuma yang dosa besar? Ya sudah mau bikin dosa besar aja deh."

Ya bukan begitu. Maknanya, yang dosa besar aja dapat syafaat nabi, apa lagi yang dosanya kecil-kecil.

Masalahnya, bagaimana sih caranya dapat syafaat Nabi??

 

Gak perlu bayar di dunia, simple aja. Tinggal amalkan firman Allah :

 

إن الله و ملآئكته يصلون على النبي يا ايها الذين آمنوا صلوا عليه و سلموا تسليما

 

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuknya dan bersalamlah dengan sebenar-benar salam."

 

Ini adalah resep simple agar dikenali oleh Rasulullah nanti. Jangan sampai, tasbih di rumah nganggur sampai berdebu.

Beli tasbih counter sampai ilang karena gak pernah dipakai.

 

Jadikan waktu kosong kita untuk shalawat. Boleh dengan berbagai macam lafadz kok. Silakan pilih yang kita mau , mengingat banyak macam sholawat dengan berbagai nama dan lafadhnya. Semuanya sama , yang penting sholawat.

Diantaranya adalah sebgai berikut :

·         Shalawat Fatih

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَلْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِماَ سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقَّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِى إِلٰى صِرَاطِكَ الْمُسْـتَقِيْمِ. صَلَّى اللّٰـهُ عَلَيْهِ وَعَلٰى أٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ.

Artinya:

“Ya Alloh limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada nabi Muhammad saw, sebagai pembuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Alloh melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung.”

·         Shalawat Nariyah

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَماً تَامّاً عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ، وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ، وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ، وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ، فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

·         Shalawat Ma’tsurah.

أللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحّمَّدٍ نِالنَّـبِىِ اْلأُمِّىِّ وَعَلٰى اٰلِهِ وَسَلِّمْ

Artinya : “Ya Alloh! Limpahkanlah sholawat kepada Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya”

·         Shalawat Ibrahimiyah

اَللّـٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَـيَّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أَٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِى الْعٰلَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

Artinya : “Ya Alloh, limpahkan sholawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaiman yang telah Engkau limpahkan pada Ibrahim dan keluarganya, berkatilah Muhammad dan keluarganya sebagaiman Engkau memberkati Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia”

·         Shalawat Nur Al-Anwar.

·         Shalawat Munjiyat

·         Shalawat  Mukafaah

Dan masih banyak lagi

Demikian coretan ini, semoga menambah motivasi kita dalam mencintai kanjeng Nabi Muhammad SAW, dengan senantiasa menyebut namanya, bersholawat kepadanya 

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّدٍ

www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
jangan lupa baca artikel :Download RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Baca selengkapnya ...

22 December 2020

RESUME MATERI KELAS 3 SD/MI TEMA 5 KURIKULUM 2013 ( Bag. 1)

Pengertian cuaca

Cuaca adalah keadaan rata-rata udara yang terjadi di suatu wilayah dalam waktu yang singkat. 

 

Foto : Berlibur dalam kondisi hujan

Artinya, cuaca dapat berubah-ubah dengan cepat. Misalnya pada pagi hari langit terlihat cerah, akan tetapi pada siang hari tiba-tiba saja berubah menjadi mendung.

 

Beberapa macam cuaca antara lain adalah:

 

1. Cuaca cerah ( langit tidak berawan, cahaya matahari bersinar terang)

2. Cuaca cerah berawan ( di langit banyak awan )

3. Cuaca mendung ( sinar matahari tertutup awan, langit gelap, awan menebal )

4. Cuaca hujan ( turunnya titik-titik air dari udara )

 

Berdasarkan bentuknya, awan dibedakan menjadi :

1. Awan berbentuk serat

Awan ini disebut awan cirrus. Warnanya putih seperti kapas, dapat ditembus matahari, dan awan ini tidak menimbulkan hujan.

 

2. Awan berbentuk gumpalan

Awan ini disebut awan cumulus. Bentuknya berupa gumpalan. Menandakan cuaca akan panas dan cerah.

 

Awan ini bisa mengumpul dan berkembang menjadi awan mendung yang disebut cumulonimbus.

 

3. Awan berbentuk lapisan

Awan ini disebut awan stratus. Berwarna kelabu. Menandakan akan turun hujan rintik/gerimis.

 

Cuaca mempengaruhi aktivitas/kegiatan manusia

Bila cuaca buruk, orang akan memilih untuk berdiam/beraktivitas di dalam rumah. Nelayan pun tidak akan melaut bila hujan deras.

Beberapa peralatan yang dibutuhkan saat cuaca cerah antara lain:
1. Payung untuk menghindari terik matahari

2. kipas
3. kacamata hitam
4. topi,
5. dan lain-lain

Beberapa peralatan yang dibutuhkan saat cuaca hujan antara lain:
1. jas hujan
2. payung

3. sweater
4. jaket,
5. dan lain-lain

Unsur-unsur cerita
Di dalam sebuah cerita terdapat unsur-unsur pembangun cerita antara lain:
1. Tema
2. Tokoh
3. Latar/Setting
4. Alur
5. Amanat

Perubahan Cuaca

Cuaca bisa dengan cepat berganti. Pergantian cuaca bisa terjadi pada satu hari, atau pada hari berikutnya.

 

Misalnya perubahan cuaca panas menjadi hujan, disebabkan karena pada saat cuaca panas dan matahari bersinar terik, terjadilah penguapan. Titik-titik air yang terjadi karena penguapan kemudian berkumpul membentuk awan. Selanjutnya awan dapat berubah menjadi awan mendung, dan hujan pun turun.

 

Mempersiapkan perlengkapan menghadapi perubahan cuaca

Karena cuaca dapat dengan cepat berganti, maka kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Pada saat musim hujan, meskipun pada pagi hari matahari bersinar terik, tidak ada salahnya kita mempersiapkan perlengkapan saat hujan, antara lain:

1. Mantol/jas hujan

2. Payung

3. Jaket

4. Vitamin dan Obat-obatan, misalnya obat flu dan demam

 

Manfaat Cuaca bagi kehidupan manusia

Cuaca panas maupun hujan masing-masing mendatangkan manfaat bagi kehidupan manusia. Tuhan telah mengatur cuaca di muka bumi ini agar semuanya berjalan seimbang. Bila cuaca panas terus menerus akan terjadilah kekeringan dan kebakaran di mana-mana. Makhluk hidup akan kepanasan dan sulit untuk bertahan hidup. Sebaliknya bila cuaca dingin berlangsung terus menerus, berkepanjangan, tidak ada sinar matahari, maka tidak akan ada kehidupan. Semuanya akan beku. Cuaca panas maupun hujan masing-masing mendatangkan manfaat bagi kehidupan manusia.

  

Pada saat cuaca cerah dan panas, manusia akan lebih leluasa untuk melakukan aktivitas di luar ruangan/di luar rumah. Mereka bisa melakukan olahraga di luar, yang tak bisa dilakukan ketika hujan turun deras.

 

Intinya, masing-masing cuaca bermanfaat bagi manusia untuk mencari nafkah. Pada saat hujan, itulah saat petani menanam padi di sawah. Tanah menjadi subur dan mudah ditanami. Petani pun tak kesulitan untuk mengairi sawahnya.

 

Menjaga tubuh tetap sehat saat cuaca berubah-ubah

Cuaca yang berubah-ubah, seringkali menyebabkan daya tubuh melemah, karena tidak siap dengan perubahan itu. Apalagi terdapat perbedaan yang cukup ekstrim. Saat siang hari sangat panas, tetapi pada malam hari suhu sangaat dingin, misalnya.

Oleh sebab itu, agar tubuh tetap sehat, berikut ini yang harus kita lakukan:

 

A. Saat cuaca panas, tindakan yang perlu kita lakukan misalnya:

1.  Minum banyak air putih. Kita dianjurkan paling tidak meminum 8 gelas (2 liter) air dalam satu hari.

2.  Memakai pakaian yang longgar dan menyerap keringat. Hal ini akan membuat tubuh merasa lebih nyaman.

3.  Mengurangi aktivitas di luar rumah yang tidak perlu, jauhkan dari terkena sinar matahari terik terlalu lama.

B. Saat cuaca dingin, kita lakukan:

1.  Mengonsumsi makanan sehat dan vitamin yang cukup

2.  Memakai pakaian yang tebal dan hangat

3.  Kita jaga lingkungan sekitar kita agar tetap bersih dan sehat

Tindakan yang perlu dilakukan untuk menghadap cuaca ekstrem

 

1. Makan makanan yang bergizi dan sehat

2. Banyak meminum air putih (mineral)

3. Istirahat cukup

4. Olahraga secara teratur di pagi atau sore hari

5. Menjaga kebersihan

6. Mengonsumsi vitamin dan suplemen tambahan

7. Mempersiapan barang-barang yang diperlukan, misalnya payung dan mantel saat hujan

Demikian resume materi kelas 3 SD/MI kelas 3 , semoga bermanfaat bagi kita semuanya, Aamiin


 

www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
jangan lupa baca artikel :Download RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Baca selengkapnya ...

21 December 2020

Renungan diri tentang hidup

  

Berapa lama kita hidup didunia? Saat ini secara umum atau rata-rata kemungkinan sekitar 60, 70, 80 tahunan


Lalu umur kita berapa sekarang? Menuju 80 tahun kurang berapa tahun?

Jelas semua sepakat dunia tidak kekal. Untuk itu sangat disayangkan jika hidup hanya dihabiskan untuk urusan dunia saja. Apalagi ditambah dengan negatif tutur kata, pemikiran dan perbuatan.

 

"Orang yang cerdas adalah orang yang mengendalikan dirinya dan bekerja untuk kehidupan setelah kematian."

(HR. Tirmidzi)

 

"Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barakah dan keberuntungan"

(HR At-Thabrani dan Al-Bazzar)

 

"Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akan kamu hidup selamanya. Dan laksanakanlah urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok"

(HR. Ibnu Asakir)

 

Jangan sekali-kali merasa malu memberi walaupun sedikit, sebab tidak memberi sama sekali pasti lebih sedikit nilainya.

Apa untungnya jika dunia dapat diraih, namun akhirat dilupakan.

Apa untungnya bersenang- senang di dunia, namun sengsara di hari perhitungan kelak.

Apa untungnya amal banyak, namun di hati tidak pernah ikhlas.

Apa untungnya sibuk berbicara tentang ALLAH, namun lupa untuk berbicara dengan ALLAH.

Apa untungnya jika menang dalam perdebatan, namun mati dalam ukhuwah.

Apa untungnya hasil yang banyak, namun usahanya bukan karena mengharapkan keridhoan ALLAH.

Apa untungnya hidup, namun usia tersia tanpa amal.

Janganlah pernah berfikir bahwa kita akan tetap di dunia.

Janganlah pernah berfikir bahwa hidup ini hanya didunia.

Janganlah pernah berfikir bahwa apapun yang kita kerjakan tidak dipertanggung jawabkan.

 

Allah Ta'ala berfirman:

*"Dialah yang menghidupkan dan mematikan, dan hanya kepada-Nya lah kamu akan dikembalikan"*

(Q.S Yunus: 56)

 

Kehidupan dunia dan akhirat di hati seorang manusia ibarat dua skala keseimbangan, ketika salah satunya menjadi berat, maka yang lain akan menjadi ringan.

('Amr ibn Abdullah)

Kehidupan itu cuma dua hari. Satu hari berpihak kepadamu dan satu hari melawanmu. Maka pada saat ia berpihak kepadamu, jangan bangga dan gegabah; dan pada saat ia melawanmu bersabarlah. Karena keduanya adalah ujian bagimu.

(Ali bin Abi Thalib)

 

Apa yang ada di dunia ini tidak lain hanyalah mimpi yang dialami oleh orang yang sedang tidur? Dia merasakan kesenangan di dalamnya selama beberapa saat, dan kemudian terbangun untuk menghadapi kenyataan.

(Hasan Al-Bashri)

www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
jangan lupa baca artikel :Download RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Baca selengkapnya ...
Designed Template By Blogger Templates - Powered by Kabarmadrasah.com