Madrasah hebat bermartabat- Lebih baik madrasah - Madrasah lebih baik

Breaking News

05 February 2019

KH. Ulil Albab Arwani pimpin Bimbingan Muqri' Yanbu'a

Kudus, Kabarmadrasah.com -  KH. Ulil Albab Arwani memimpin langsung jalannya acara Bimbingan Muqri’ Yanbua ( BMY ) yang diselenggarakan oleh Lajnah Muroqobah Yanbu’a ( LMY ) Kecamatan Undaan Kudus ( Selasa, 5 Pebruari 2019 )
Acara tersebut dilaksanakan dalam rangka memantapkan metodologi yanbu’a bagi bapak / Ibu guru yang mengajar RTQ metode yanbu’a, serta untuk memperoleh sanad ilmu Alqur’an . Bertempat di Aula MA NU Tamrinuth Thullab Undaan Lor Undaan Kudus , acara berlangsung dengan khidmat , dimulai dari pukul 07.00 dan selesai pada pukul 14.30 WIB. Menurut Ketua LMY Undaan , Bapak Bussiri,S.Pd kami mendapati informasi bahwa peserta Bimbingan Muqri’ Yanbu’a (BMY)  tersebut diikuti sejumlah 225 guru RTQ  dan peserta umum  .

Dengan mengenakan seragam kebesaran Yanbu’a bagi peserta yang sudah punya, dan bagi yang belum memakai pakain putih, semua peserta mendengarkan, menyimak dan sesekali mengikuti apa yang diajarkan, bimbingkan dan contohkan oleh beliau KH.  Ulil Albab Arwani.

Diantara materi yang dituturkan secara singkat kami sampaikan sebagai berikut :

FADHILAH ALQUR'AN
1. Kitab yang paling utama
Oleh Karena Alqur’an sebagai kitab yang utama, apapun dan siapapun yang berhubungan dengan  Al-Qur'an akan menjadi utama. Orang yang belajar Alqur’an, orang yang mengajar Alqur’an menjadi sebaik-baik orang sesuai dengan hadist rasulullah SAW : 

Dari Usman bin Affan r.a. ia berkata, Rasullah Saw. bersabda: “orang terbaik dari kamu ialah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya”. (HR al-Bukhari)

Baca Juga Artikel lainnya :

Untuk itu, sudah semestinya kita umat islam agar  sangat memperhatikan Al-Qur'an. Sebagai orang cerdas, tentu yang dipilih adalah pilihan yang utama. Selalu menjadikan Alqur’an teman hidup, ke manapun selalu membawa Alqur’an. Jikalau membawa HP, jangan lupakan  aplikasi Alqur’an ada di dalamnya. Karena Alqur’an adalah kalam Allah, maka siapapun yang ingin berdialog dengan Allah, bacalah Alqur’an

2. Mukjizat Nabi yang paling Agung
Begitu banyak mukjzat yang Allah karuniakan kepada para nabi, tidak terkecuali kepada nabi Muhammad SAW. Namun dari sekian mukjizat yang diberikan kepada nabi Muhammad yang terbesar adalah Alqur’an. Alquran adalah tumbal dunia,,tidak akan qiyamat kalau masih ada Al-Qur'an, maka jika saat Kiamat datang , Allah akan rafa’ Alqur’an dari dunia.

3.Menjadikan hidup bahagia
Alqur’an merupakan petunjuk Allah bagi umat manusia, mana yang baik dan mana yang buruk, agar hidup senantiasa sesuai arah dalam melangkah, maka baca petunjuk dalam Alquran dan amalkan isinya maka hidup akan bahagia dunia dan akhirat, baik petunjuk dalam berdagang, petunjuk dalam bergaul dengan suami istri, maupun dalam hal hutang piutang dan berbagai aspek kehidupan manusia secara komplit diatur dalamnya.

4. Menjadi penolong di hari Kiamat 
 Sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW berikut : 



Yang artinya : Dari Abi Umamah r.a. berkata, aku” mendengar Rasulullah SAW. bersabda: ”Bacalah Ai-Qur’an, karena sesungguhnya Al-Qur’an itu pada hari Kiamat akan memberikan syafa’at kepada pembacanya.” (HR. Muslim)

5. Pembersih hati
Hati manusia bisa berkarat laksana besi. Lantas bagaimana cara menghilangkan karat itu ? Salah satu jalannya ialah membaca Alquran dan ingat mati

Disamping materi tentang Alqur'an tersebut, beliau KH. Ulil Albab Arwani juga menyampaikan tentang hal ikhwal Yanbu'a dan Muqriul Qur'an , serta memperdalam metodologi Yanbu'a mulai dari jilid pemula sampai jilid akhir beliau sampaikan cara mengajar sesuai tuntunan yang ada dan pada akhirnya beliau ijazahkan bagi peserta untuk bisa dilaksanakan dalam kehidupan 

Demikian artikel tentang KH. Ulil Albab Arwani pimpin Bimbingan Muqri' Yanbu'a Undaan Kudus, semoga bermanfaat bagi kita semua, Amin 

www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
Jangan lupa baca artikel : HARGAI MAINAN ANAK

Untuk melihat lebih jauh tentang semua postingan blog kabarmadrasah ini,, silakan kunjungi Daftar Isi ]

Semoga bermanfaat dan jangan lupa  klik tombol like dan Share Terima Kasih
Comments
0 Comments

No comments:

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Kabarmadrasah.com