Madrasah hebat bermartabat- Lebih baik madrasah - Madrasah lebih baik

Breaking News

26 September 2023

Setelah Akreditasi, Madrasah terus ngapain?

 

Akreditasi madrasah merupakan suatu proses penilaian terhadap kelayakan satuan pendidikan dalam menyelenggarakan pendidikan berdasarkan standar nasional pendidikan. .

Akreditasi madrasah dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah /Madrasah (BAN-S/M) berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Akreditasi madrasah bertujuan untuk menjamin mutu pendidikan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Refleksi akreditasi madrasah merupakan suatu proses untuk merenungkan dan mengevaluasi hasil akreditasi sekolah/madrasah. Refleksi akreditasi madrasah dapat dilakukan oleh pihak sekolah/madrasah, baik oleh kepala sekolah/madrasah, guru, maupun komite sekolah/madrasah.


Setelah madrasah divisitasi oleh asesor dari BAN -S/M,dan telah mendapatkan nilai akreditasi, terus madrasah ngapain??

Berikut adalah beberapa hal yang dapat menjadi refleksi akreditasi sekolah/madrasah:

  • Kekuatan dan kelemahan sekolah/madrasah

Hasil akreditasi madrasah akan menunjukkan kekuatan dan kelemahan sekolah/madrasah. Kekuatan madrasah merupakan aspek-aspek yang telah memenuhi SNP. Kelemahan madrasah merupakan aspek-aspek yang belum memenuhi SNP.

  • Perbaikan yang perlu dilakukan

Refleksi akreditasi  juga dapat digunakan untuk menentukan perbaikan yang perlu dilakukan sekolah/madrasah. Perbaikan madrasah dapat dilakukan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan. Langkah-langkah perbaikan ini haruslah spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan memiliki waktu yang jelas.

 

  • Peran serta masyarakat

Refleksi akreditasi madrasa juga dapat digunakan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan. Masyarakat dapat berperan dalam memberikan masukan dan dukungan kepada madrasah untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan refleksi akreditasi sekolah/madrasah:

  • Lakukan refleksi secara mendalam

Refleksi akreditasi madrasah tidak hanya dilakukan secara formal, tetapi juga dilakukan secara mendalam. Refleksi mendalam dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan berbagai informasi dan data terkait hasil akreditasi sekolah/madrasah.

  • Libatkan semua pihak

Refleksi akreditasi madrasah sebaiknya melibatkan semua pihak yang terkait dengan sekolah/madrasah, baik pihak sekolah/madrasah, maupun masyarakat.

  • Buatlah rencana perbaikan

Berikut adalah beberapa contoh refleksi akreditasi sekolah/madrasah:

  • Madrasah mendapatkan akreditasi A

Madrasah yang mendapatkan akreditasi A berarti telah memenuhi semua SNP. Madrasah tersebut perlu mempertahankan kekuatannya dan meningkatkan kualitasnya agar dapat mempertahankan akreditasi A.

  • Madrasah mendapatkan akreditasi B

Madrasah yang mendapatkan akreditasi B berarti telah memenuhi sebagian SNP. Madrasah tersebut perlu meningkatkan kualitasnya agar dapat naik ke akreditasi A.

  • Madrasah mendapatkan akreditasi C

Madrasah yang mendapatkan akreditasi C berarti belum memenuhi seluruh SNP. Madrasah tersebut perlu segera melakukan perbaikan agar dapat naik ke akreditasi B

 

Berikut adalah beberapa manfaat refleksi akreditasi sekolah/madrasah:

  • Meningkatkan mutu pendidikan

Refleksi akreditasi madrasah dapat membantu madrasah untuk meningkatkan mutu pendidikannya. Madrasah dapat mengetahui aspek-aspek yang perlu ditingkatkan dan melakukan perbaikan untuk meningkatkan mutu pendidikannya.

  • Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas sekolah/madrasah

Refleksi akreditasi madrasah dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas sekolah/madrasah. Madrasah dapat menunjukkan kepada masyarakat bahwa madrasah tersebut telah melakukan evaluasi terhadap mutu pendidikannya dan telah mengambil langkah-langkah perbaikan.

  • Meningkatkan motivasi sekolah/madrasah

Refleksi akreditasi madrasah dapat meningkatkan motivasi sekolah/madrasah. Madrasah dapat mengetahui kekuatannya dan dapat termotivasi untuk mempertahankan kekuatannya serta meningkatkan kualitasnya.

 

Refleksi akreditasi madrasah merupakan suatu kegiatan yang penting untuk dilakukan oleh sekolah/madrasah. Refleksi akreditasi madrasah dapat membantu madrasah untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang diselenggarakan.

 

 

www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
jangan lupa baca artikel :Download RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Comments
0 Comments

No comments:

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Kabarmadrasah.com