Madrasah hebat bermartabat- Lebih baik madrasah - Madrasah lebih baik

Breaking News

14 April 2020

MEMBACA YANG EFEKTIF DAN TERBUKTI BERHASIL

Pada kesempatan ini, kami mencoba menyuguhkan sebuah materi pelajaran Bahasa Indonesia terkait beberapa cara membaca yang sangat efektif dalam memperoleh informasi dari media yang dibaca.

Materi ini cocok untuk segala usia baik peserta didik maupun pendidik dan pegiat dunia literasi. Yuk simak ulasannya di bawah ini :

a. SKIMMING

Skimming atau yang biasa disebut baca-layap merupakan teknik membaca dengan mengambil intisari atau ide pokok tentang suatu hal. Tujuannya, mempermudah mengetahui secara cepat isi buku dengan hanya melacak informasi yang sekiranya menarik dan ingin diketahui secara mendalam.

Yang terpenting runutkan tahapan membaca, yakni dari mulai daftar isi hingga pada akhir halaman yang memuat kesimpulan. Kalau pada buku bacaan tentunya ada di cover belakang yang memuat sedikit gambaran tentang yang ada di isi buku. Dalam melakukan proses membaca dengan teknik skimming yang perlu digaris bawahi disini adalah 4 hal, diantaranya:

1. Mengenali topik buku

2. Mengetahui pendapat atau opini orang tentang buku

3. Mendapatkan bagian penting buku

4. Mengetahui cara berpikir penulis, organisasi penulisan, urutan ide pokok, dll

 

b. SCANNING

Scanning atau disebut juga dengan membaca-tatap atau memindai, merupakan teknik membaca cepat dan teliti. Jenis teknik membaca ini bertujuan untuk memperoleh fakta atau informasi tertentu.

 

Tekniknya adalah membaca cepat dengan cara meloncat-loncat pada bagian yang dirasa penting. Nah, disini yang mestinya ditekankan bahwa membaca scanning disamping dituntut membaca cepat—mencari hal terpenting, libatkan daya kemampuan berimajinasi sehingga pembaca tetap dalam kondisi memahami isi bacaan.

 

Membaca scanning tidak diminta wajib untuk membaca seluruh kata/kalimat. Cukup kata kunci pentingnya saja yang menjadi perhatian. Membaca scanning biasa dipakai oleh orang yang gemar membaca koran atau buku.

 

c. SELECTING

Biasa disebut juga teknik baca-pilih. jenis teknik membaca yang satu ini cukup terbilang sangat mengutamakan kebutuhan, artinya memilih teks dan bagiannya yang dibaca berdasar pada kebutuhan. Teknik ini biasanya dilakukan sebelum kegiatan membaca, misalnya saat membaca judul berita di surat kabar. Selecting biasanya digunakan oleh orang yang ingin mengembangkan tulisannya hingga menjadi menarik. Dalam mengembangkan tulisan dibutuhkan setidaknya banyak monitoring berita yang memuat informasi sama dengan yang ingin si penulis kembangkan.

 

d. SKIPPING

Skipping adalah teknik membaca yang mengabaikan atau melompati bagian yang tidak diperlukan atau bagian yang sudah dimengerti. Simpelnya, jika tullisan yang dibaca sudah tidak relevan dengan keinginan maka abaikan atau lompati saja. Teknik membaca skipping dapat digunakan di semua jenis bacaan.

 

Kita sebagai pembaca sudah saatnya menanamkan pemahaman teknik-teknik membaca tersebut ke dalam diri. Jika kelak kita sudah memahami maka ke depan akan dirasa mudah, membaca bacaan sesuai dengan kebutuhan.

 

Akan sangat mengasyikkan jika sudah tau teknik-teknik membaca. Sehingga setiap orang akan gemar membaca, dari setiap orang terbangun simpul-simpul budaya membaca dan pada akhirnya membaca dapat menjadi nilai jual dalam meningkatkan literasi masyarakat. Semoga kedepan upaya semangat dan kemahiran membaca kita meningkat.

Referensi : https://www.bacatangerang.com/4-teknik-membaca-yang-efektif/ 


www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
jangan lupa baca artikel :Download RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Comments
0 Comments

No comments:

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Kabarmadrasah.com