Madrasah hebat bermartabat- Lebih baik madrasah - Madrasah lebih baik

Breaking News

17 February 2021

Resume Materi Aqidah Akhlak Kelas 3 MI (Asmaul Husna Al-Adhim dan Al-Kabir)

 


A.         Al-Adhiim

 Al-Adhim artinya Yang Maha Agung. 

Contoh : Allah menciptakan alat pencernaan pada manusia.  Makanan yang kita makan dari berbagai macam jenis,  baik yang keras maupun yang lunak dapat diolah oleh pencernaan kita,  lalu diubah menjadi darah dan mengalir ke seluruh tubuh.

 

Allah telah menciptakan alam semesta, dengan keagungan-Nya, Dia menciptakan bumi, langit,  dan sesuatu yang ada di antara keduanya, serta mengatur segala yang ada di dalamnya.

 

Sehebat apapun manusia atau makhluk apapun  mampu menciptakan dan menaklukkan isi dunia ini, namun ia akan sampai pada satu batas kelemahannya, sedangkan keagungan Allah tidak ada batasannya

 

Seorang mukmin wajib meyakini bahwa Allah SWT,  Al-Adhiim,  tidak ada satupun zat atau makhluk yang memiliki keagungan tertinggi selain Allah SWT.

 

Salah satu perbuatan meyakini bahwa Allah Maha Agung terdapat di dalam  Amalan Shalat,  disaat kita rukuk kita membaca kalimat Subhana Robbiyal Adhiim (  Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung).


B.  Al - Kabir

 Al- Kabir artinya Allah  Maha Besar.  Kebesaran Allah dibuktikan dengan beragam ciptaan-Nya,  yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk lainnya.

 

Contoh :    diciptakannya matahari yang sangat panas dengan sinar yang menerangi semesta alam,  dan sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup seluruh makhluk.

 

Terhamparnya laut yang luas,  gunung-gunung yang tinggi menghiasi bumi ini juga sebagai bukti Allah Maha Besar

 

Seorang hamba yang meneladani nama Al -Kabir,  akan selalu menghadirkan kebesaran dan keagungan Allah dalam kehidupannya.  Ia akan selalu berusaha  untuk menghilangkan sifat sombong.  ia tidak akan silau atau tertipu oleh kedudukan,  derajat,  pangkat,  bahkan semua hal yang ada di jagat raya

 

Demikian sekilas resume materi Aqidah Akhlak kelas 3 MI semester Genap.

Untuk berlatih soal-soal terkait materi ini, silakan kerjakan soal berikut ini :

 

www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
jangan lupa baca artikel :Download RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Comments
0 Comments

No comments:

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Kabarmadrasah.com