Madrasah hebat bermartabat- Lebih baik madrasah - Madrasah lebih baik

Breaking News

29 April 2020

Ibadah Ramadhan di tengah Pandemi COVID-19

Sebagaimana sering kita lakukan setiap tahun ketika bulan suci Ramadhan tiba, tentunya kita mempunyai wadhifah/ kegiatan yang menjadi rutinan setiap pribadi atau keluarga. Baik yang berupa kegiatan olahraga ringan di pagi hari setelah sholat subuh bersama teman sebaya, atau kegiatan keagamaan bersama semisal tadarrus, ngaji posonan, kajian Ramadhan, santunan yatama dan berbagi takjil, maupun buka bersama dengan keluarga besar, teman seangkatan SMP, SMA dan perkumpulan ataupun rekan kerja dan masih banyak kegiatan lain

 

Dari sekian banyak kegiatan yang biasa kita lakukan di waktu Ramadhan. Kini, Ramadhan 1441 H yang sedang kita jalankan tahun ini, tak semua kegiatan bebas kita lakukan lagi. Covid-19 menjadi salah satu penghalang untuk berkumpul, pembatasan social dan physical distancing menjadi ikhtiar bersama untuk memutus rantai penyebaran virus COVID-19 sehingga berbagai keterbatasan untuk mengadakan kegiatan terpaksa kita alami

 

Rasanya, tak ada hiburan kecuali si tipis yang canggih yaitu Handphone yang saat ini berada di genggaman kita masing-masing, mulai anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua.

 

Dari yang biasanya ke pasar, kini tinggal pesen makanan secara online. Sampai malem hari yang biasanya ke masjid buat tarawih, kini Allah sedang ingin menjadikan rumah-rumah kita sebagai tempat beribadah dengan maksimal 

 

Maka jelas sudah, musuh kita pada Ramadhan kali ini adalah HP. Pada malam hari apa yang kita lakukan? Apakah kita begadang diatas sajadah? Menghidupkan malam untuk bermunajat kepada-Nya? Ataukah kita malah begadang memijat keyboard hp kita?

Alquran yang telah menunggu untuk dibaca, jangan biarkan tetap berdebu di lemari. Jangankan Alquran, sekedar memegang tasbih saja terasa berat bagi kita. 

 

Ingatlah bahwa film, sinetron , game dan bahkan status lebay di facebook, IG, telegram dll yang sering kita mainkan itu, semua tak akan menyelamatkan kita di akhirat.

 

Tidak inginkah kita khususkan 1 bulan saja untuk semaksimal mungkin beribadah kepada Allah. Dari 11 bulan yang telah kita lalai dan sia-siakan tanpa-Nya. Khususkan satu bulan saja untuk menjadi lentera penerangan di kuburan kita. Tak cukupkah 11 bulan kemarin kita telah menghabiskan waktu dengan si Tipis hp ini???

 

Sudahlah cukup..!

Jangan menggunjing jangan namimah. Meskipun memang susah untuk berkumpul sekarang, tapi jangan jadikan grup Whatsapp menjadi sarana dosa kita.

 

Jangan mau acara-acara tv & sosmed memprogram hari-hari kita. Buatlah jadwal untuk memperbaiki diri di Bulan Ramadhan ini. Apakah mereka para youtubers dan artis-artis yang akan bertanggung jawab atas dosa-dosa kita kelak di akhirat?

 

Dan cobaan yang terbesar adalah 10 hari terakhir di Bulan Ramadhan nanti. Saat-saat menuju lebaran, bingung pakai baju apa. Jangan penuhi hari-harimu untuk menatap tajam online shop. Belilah sebutuhnya, bukan sesuka dan semaunya

 

"Jika telah datang bulan Ramadhan. Dibukakan pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan dibelenggu para setan." (Alhadits)

 

Wah dibuka pintu surga!

Dan setan juga sudah dibelenggu untuk membantu kita menggapai surga. Maka janganlah kita malah membuka lebar ladang maksiat lewat hawa nafsu kita.

 

Kini, lockdown atau corona bukan lagi menjadi penghalang kita. Malah menjadi jalur kita untuk kembali kepada-Nya. Ramadhan kali ini adalah saat yang tepat untuk bertaubat. Jadikan kegiatanmu yang hanya di rumah saja bermanfaat:

 

●Mengkhatamkan Quran misalnya

●Membaca buku-buku islami yang belum sempat dibaca

●Berbakti kepada orang tua

●Mengeratkan hubungan keluarga

●Membersihkan rumah

●Memasak untuk Keluarga

●Menghabiskan waktu dengan sajadah, mukenah, & tasbih.

Dan Alhamdulillah , sekarang banyak channel –channel ngaji streaming dari para kyai dan ustadz dari pondok pesantren yang kredibel, silakan digunakan semaksimal mungkin bagi yang mempunyai cukup kuota internet

 

Yang biasanya tarawih bolong-bolong, saat inilah waktu kita untuk menyempurnakannya.

Sholat-sholat qodho' yang masih tersisa, cepat selesaikan.Hiasi diri & hati untuk Allah SWT.

 

www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
jangan lupa baca artikel :Download RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Comments
0 Comments

No comments:

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Kabarmadrasah.com