Selamat datang di Blog Kabarmadrasah,Info Seputar Madrasah dan Regulasi Terbaru. Semoga bermanfaat

Breaking News

06 November 2019

Mengenal Gambaran Fisik Rasulullah SAW

Kabarmadrasah.com -  Dalam rangka meneguhkan mahabbah kita kepada Rasulullah SAW , lebih-lebih moment bulan Rabiul Awwal tahun ini, yuk kita mengenal gambaran fisik rasulullah dari berbagai riwayat yang ada. Berikut ulasannya :

Gambaran Umum fisik Rasulullah dapat dilihat dari beberapa riwayat diantaranya :
Anas bin Malik ra berkata: Rasulullah SAW.  bukan orang yang tinggi sekali, dan tidak pula pendek. Tidak juga putih sekali, dan tidak berwarna coklat. Rambutnya tidak terlalu keriting dan tidak terlalu lurus.
http://www.kabarmadrasah.com
Picture : www.nu.or.id


Beliau diutus Allah ketika berusia empat puluh tahun. Beliau wafat ketika berusia enam puluh tiga tahun sementara di rambut kepala dan janggut beliau tidak lebih dari dua puluh helai uban.

Baca Juga


Postur Tubuh
Badan Rasulullah saw tinggi tegap, namun tidak terkesan jangkung. Perutnya tidak buncit.
Ali ibn Abi Thalib ra. berkata: Nabi SAW tidaklah jangkung dan tidak juga pendek. (HR. Ibn Hisyam)

Dari Abu Hurairah ra: Rasulullah SAW dada dan perutnya rata. (HR. Ibn Sa'ad)
Hadis diriwayatkan oleh Ibnu Hisyam dalam al-Sirah,jil.1, hal.402. Hadis diriwayatkan oleh Ibnu Sa'ad dalam al-Tabaqat, jil.1, hal. 422.

Dari Anas ibn Malik ra. berkata: Rasulullah SAW tinggi tegap, namun tidak terkesan jangkung. (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Dari al-Bara' berkata: Rasulullah SAW merupakan orang yang paling tampan wajahnya dan paling baik akhlaknya (postur tubuhnya) tidak jangkung dan tidak juga pendek. (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Dari Ali ibn Abi Thalib ra. berkata: Postur tubuh Rasulullah SAW tidak jangkung, tidak juga pendek, kepalanya agak besar, berjenggot lebat, telapak tangan dan kaki tebal, wajahnya agak kemerahan, bulu dada yang tipis dan memanjang, bahunya besar, jika berjalan tubuhnya bergoyang seolah sedang menuruni tanah yang landai. Sungguh saya belum pernah melihat orang lain seperti ini, baik sebelumnya atau sesudahnya. (HR. al-Tirmidzi dan Ahmad)

Hadis sahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari, hadis no.3283 dan 3284; Muslim hadis no.4330. Hadis sahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari, hadis no.3285; Muslim hadis no. 4309. Hadis hasan, diriwayatkan oleh al-Tirmizi, hadis no.3571; dan Ahmad, hadis no. 708.

Warna Kulit
Kulit Rasulullah saw putih.
Diriwayatkan dari Anas bin Malik: Rasulullah SAW warna kulitnya putih bersih bukan putih pucat atau hitam. *(HR. al-Bukhari dan Muslim)*
Hadis diriwayatkan oleh al-Bukhari, no. 3283; dan Muslim, hadis no.4330.

 Mata Rasulullah SAW
Mata Rasulullah SAW sebagaimana diceritakan oleh Anas adalah seperti berikut :
Selain bentuknya tadi, mata Rasulullah saw dapat melihat di kegelapan sama seperti beliau melihat di tempat terang.

Baca Juga


Cerita di atas diambil dari riwayat berikut ini:
Diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah yang bercerita bahwa
Rasulullah SAW bersabda: Apakah kalian menyangka bahwa posisiku di sini dan di sini, demi Allah tidak terhalang dari penglihatanku ruku’ kalian ataupun sujud kalian. Sesungguhnya aku dapat melihat apa yang ada di belakang punggungku.

Dalam riwayat Muslim dari Anas ibn Malik, Rasulullah SAW bersabda: Wahai manusia, saya berada di depan kalian, jangan mendahului aku dalam ruku’ dan jangan pula dalam sujud. Sesungguhnya aku melihat kalian baik yang berada di depan maupun yang dibelakang.

Ibn Adiy, al-Baihaqi dan Ibn Asakir meriwayatkan sebuah kisah dari A’isyah yang mengatakan bahwa:
Rasulullah SAW dapat melihat dalam keadaan gelap maupun terang.
Sahih al-Bukhari, hadis no. 401, 402; Sahih Muslim, hadis no. 643. al-Khasa’is karya al-Suyuti, jil. 1, hal. 104

Sementara dalam kitab Al-barzanji juga disebutkan dengan jelas tentang gambaran fisik rasulullah SAW dalam bab dan pasal terakhir. Disebutkan bahwa beliau adalah manusia yang paling sempurna bentuk tubuhnya, perangainya, memiliki tubuh dan sifat-sifat yang luhur. Ukuran tubuhnya sedang, putih kemerah-merahan warna kulitnya, lebar matanya, tebal bibirnya, kedua alisnya tipis dan panjang, gigi serinya renggang, mulutnya lebar dan bagus. 

Dahinya lebar, datar pipinya, hidungnya tampak sedikit tinggi dan mancung. Berdada bidang, telapak tangannya lebar, tulang persendiannya besar, daging tumitnya sedikit, jenggotnya tebal, kepalanya besar, rambutnya sampai ke daun telinga

Diantara bahunya terdapat cap kenabian yang telah diratai oleh cahaya. Peluhnya jernih bagaikan mutiara, dan baunya lebih semerbak daripada harumnya kasturi.

Cara jalan beliau tenang, seolah-olah beliau turun dari tempat yang tinggi. Bila beliu menjabat tangan orang dengan tangannya yang mulia, orang itu mendapati bau semerbak darinya sepanjang hari

Bila beliau meletakkan tangannya  di atas kepala anak-anak, diketahuilah sentuhannya pada anak itu di tengah anak-anak lainnya { maksudnya : bila anak yang telah disentuh kepalanya itu kembali bermain dengan kawan-kawannya, dapat diketahui mana anak yang baru diusap kepalanya, karena harumnya)


Demikian sekilas mengenai gambaran fisik rasulullah. Semoga dapat menambah kecintaan kita kepada rasulullah, mengikuti sunnah-sunnahnya dan semoga kelak mendapatkan syafaatnya, Aamiin
Allahumma Sholli 'alaa sayyidina Muhammad wa 'ala alihi

www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
jangan lupa baca artikel : Menyemai kader nahdhiyyah dengan Tahlil
Comments
0 Comments

No comments:

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Kabarmadrasah.com