Selamat datang di Blog Kabarmadrasah,Info Seputar Madrasah dan Regulasi Terbaru. Semoga bermanfaat

Breaking News

05 November 2019

Kelahiran Rasulullah dan Cerita Pasukan Gajah

Kabarmadrasah.com - Datangnya bulan Rabiul Awwal atau yang lebih dikenal dengan bulan Maulid, dimana di bulan inilah Rasulullah SAW dilahirkan, begitu disambut dengan suka cita oleh kaum muslimin-muslimat dimanapun berada. Kegembiraan itu terpancar mewarnai aktivitas kesehariannya. 
http://www.kabarmadrasah.com/

Baik di kota lebih-lebih di desa, kaum muslimin mengadakan majlis maulid dari rumah ke rumah, mulai malam  1  sampai dengan 12 Maulid , dan bahkan ada yang sebulan penuh mengadakan Majlis pembacaan riwayat kehidupan Rasulullah melalui bacaan Al-Barzanji

Dari satu rumah majlis maulid dilaksanakan dan bergilir seterusnya , mereka buktikan cintanya pada Rasulullah, membaca riwayat hidup rasulullah serta memperbanyak sholawat kepadanya. Musholla, surau, masjid pun tidak ketinggalan begitu meriah mengadakan acara maulid.

Belum lagi di sekolah dan madrasah, serta pondok pesantren semua mengadakan majlis yang sama, tiada lain suatu manifestasi rasa cinta kepada rasulullah Muhammad SAW.

Nah, untuk mengingatkan kembali, menambah mahabbah kepada rasulullah, yuk kita simak kembali sejarah kelahiran Rasulullah di bawah ini

Baca Juga

1. KELAHIRAN RASULULLAH SAW

Beliau lahir pada hari Senin 12 Rabi’ul Awal tahun Gajah.
Dinamakan tahun Gajah karena di tahun itu menjelang kelahiran Nabi, terjadi peristiwa besar, yaitu penyerangan pasukan gajah dari negeri Habasyah menuju Makkah.
Pasukan itu dipimpin oleh panglima besar yang bernama Abrahah.
Maksud penyerangan ini adalah untuk menghancurkan Ka’bah.
Sedangkan motifasi penyerangan ini lebih disebabkan rasa iri dan dengki dari sebuah negeri yang maju dan makmur, namun tidak menjadi tujuan perjalanan manusia
terhadap negeri Makkah yang gersang dan tandus, namun selalu dikunjungi orang setiap tahunnya.
Pasukan ini dihancurkan oleh pasukan burung Ababil yang membawa batu kerikil yang panas.
Mereka dihadang di wadi Muhassir, wadi yang terletak antara Mina dan Muzdalifah.
Cerita ini diisyaratkan dalam surat al-Fiil (QS : 109).

Baca Juga


2. CERITA ASHAB AL-FIIL

Dalam kitab al-Khasha’ish disebutkan bahwa Ibn Sa’ad, Ibn Abi al-Dunya dan Ibn ‘Asakir meriwayatkan dari Abi Ja’far Muhammad ibn Ali yang berkata bahwa peristiwa ini terjadi pada pertengahan bulan Muharram, antara kejadian ini dan kelahiran Nabi Muhammad  SAW adalah 55 hari. 

Dikisahkan bahwa kejadian penyerangan burung Ababil adalah ada segumpalan awan yang datang dari arah laut, sampai akhirnya mendekati pasukan gajah ini, ketika burung-burung ini persis di atas pasukan, batu-batu yang dibawa oleh pasukan burung dilontarkan dan menimpa pasukan gajah. Setiap seekor burung, membawa 3 buah batu, dua dikaki dan satu di paruh. 

Ada beberapa versi cerita, ada yang mangatakan bahwa mereka yang kena batu ini merasa gatal dan setiap digaruk, maka kulit dan dagingnya ikut terkelupas. Lalu tewas dengan sendirinya.

Ada juga yang mengatakan bahwa bebatuan yang dilempar ke tentara, jika mengenai kepala maka batu itu keluar dari dubur, jika mengenai badan bagian samping, maka batu itu akan menembus keluar dari bagian lainnya. Begitu seterusnya hingga luka itu membawa kematian yang sangat cepat.  

Hasilnya,  tidak ada satu orang pun dari tentara gajah yang selamat.

Demikian artikel tentang Kelahiran Rasulullah dan Cerita Pasukan Gajah Semoga dapat menambah kecintaan kita kepada beliau Rasulullah SAW, 

www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
jangan lupa baca artikel : Menyemai kader nahdhiyyah dengan Tahlil
Comments
0 Comments

No comments:

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Kabarmadrasah.com