Madrasah hebat bermartabat- Lebih baik madrasah - Madrasah lebih baik

Breaking News

09 March 2019

SECANGKIR KOPI DAN SEPASANG AMPLOP PUTIH

Kabarmadrasah.com -


 “Kopinya pahit ndak apa-apa, Mi...” Seru Pak Kamad dari ruang keluarga kepada Bu Imah, sang Istri yang berada di dapur. Pada saat yang sama, sembari menekan-nekan tombol remot  televisi, Pak Kamad masih mencari acara dari stasiun satu ke stasiun tivi lain.

“Acara kok ndak  mutu kabeh! Isine ghibah,  sana ghibah  sini, yang sini tak kalah ghibah sana. Mumet ndas-ku.” Gerutu Pak Kamad. Remot-pun diletakkannya di atas meja tanpa memilih salah satu berita yang ada.
http://www.kabarmadrasah.com/
Source picture : internet

“Baaah... Yakin kopinya pahit? Nanti Abah bilang Umi pelit karena kasih  gula dikit. Bilang saja untuk ngirit  gula, Bah.” Balas Bu Imah dari arah dapur.
“Syukur nikmat, Mi. Biar kesehatan ini dijaga Gusti Pengeran terus. Banyak gula bisa bikin diabetes melitus.” Jawab lelaki berusia tiga puluh delapan tahunan itu pada Istrinya.
“Muter-muter, Bah. Kayak Mak Atun keliling gang menjajakan sayurnya saja,”

Denting suara adukan kopi pada cangkir berbahan aluminium bermotif batik hijau kuno, membuat telinga Pak Kamad semakin terbuai pada aroma racikan Coffee Robusta  dari tangan sang Istri itu.
“Aah... Cepat, Mi.”
Bu Imah pun berjalan ke arah ruang keluarga. Sekumpulan asap halus yang mengepul di atas permukaan kopi memulai pada perbincangan,
“Kopi yang pahit ini lho, Mi. Ada filosofinya.” Senyum Pak Kamad tertuai ke wajah Bu Imah.
Mbuh-lah, Mbok  ya jangan pakai bahasa yang tinggi-tinggi kalau  ngomong  sama Umi. Umi kan ndak  pernah ‘makan’ bangku kuliah.”

“Begini, Mi. Meyeruput pahit kopi ini, Ada makna kejujuran yang semakin langka. Sebagaimana Abah ibaratkan bahwa pahit kopi adalah kejujuran, maka sekarang banyak yang berselera menambahkan gula banyak agar pahit asli kopi tidak kelihatan, rela menggusur sebuah hakikat kejujuran untuk hasil yang manis. Yaaa, walaupun tak sadar yang terlalu manis malah beresiko penyakit.”

Baca Juga Artikel lainnya :



“Ngomong opo to, Bah? Pahit kopi, kejujuran, sing tak ngerteni  jika kopi semakin pahit, maka artinya Umi belum ke warung Mak Atun untuk beli gula. Lha uang belanja ini musti diirit. Ya to, Bah? Umi kan pengertian ndak asal bilang kurang sama jatah yang Abah kasih.”
“Hahahaha.” Tawa khas Pak Kamad tersimpul dari bibir berkumisnya.
“Kok malah tertawa to, Bah?” Heran Bu Imah. Pak Kamad pun merapat,
“Sini, Mi. Merapat ke Abah.”
“Ah, Abah! Ini siang bolong, Bah. Jangan dulu, Ozi juga lagi di halaman depan.” Bu Imah menangkis dengan ucapan.
“Ealaaah... Lha memang Abah arep njaluk ngopo ? Hahahaha.” Tawa yang semakin rekah di wajah Pak Kamad.

“Begini lho, Mi. Abah cuma mau bilang sesuatu ini, Mi.”
“Apa to, Bah?”
“Tadi pagi Abah dikasih dua amplop ini.” Sembari mengeluarkan dua buah amplop putih dengan tutup tanpa lem, bisa diintip berapa nominal di dalam amplop tersebut. Wajah Bu Imah pun tak bisa menyembunyikan binar-nya melihat amplop itu, Agak pura-pura ja’im (gengsi;red) tapi masih penasaran pada apa yang hendak dikatakan sang suami.

“Ini dari Lik Badrun, Mi. Semalam waktu Umi sudah tidur beliau mengetuk pintu rumah kita. Dan beliau memberikan dua amplop ini.” Memelan suara Pak Kamad di dekat telinga sang Istri.
“Berarti Lik Badrun mau kasih uang buat kita, Bah. Mungkin tahu kalau kita membutuhkan. Shodaqoh itu namanya, Bah. Kita terima saja.” Bujuk Bu Imah.

“Eits... Akadnya itu lho yang bikin Abah dilema.”

Baca Juga Artikel lainnya :

“Kayak anak muda saja dilema, galau, mbok ya diterima. Rejeki ditolak itu ndak baik, Bah.” Bu Imah mencoba mengarahkan jemarinya pada amplop di tangan Pak Kamad. Tapi tetap dengan agak elegan sedikit,

“Ngomong-ngomong... Isinya berapa to, Bah?”
“Warna merah pokoknya, Mi.”
“Nah... Dua warna merah berarti? Rejeki itu, Bah.”
“Akadnya itu lho, Mi. Kita diminta nyoblos gambar keponakannya di pileg  (pemilihan legislatif;red) nanti. Masalahnya nurani Abah mengatakan, kalau mencalonkan jadi anggota dewan modalnya dua kepala alias dua pemilih saja sudah segini, berapa akumulasi tarjet keluarga yang dibidiknya? Berapa nominal totalnya? Apa ya nanti ndak mikir balik modal? Apa kita tidak masuk dalam orang yang mendukung hal itu? Kalau balik modalnya pakai uang negara?”

Bu Imah agak memanyunkan bibir cemberutnya. “Ya wis  lah, Umi ndak komentar. Yang penting Abah ingat, ya? Gula di toples tinggal dikit, dua hari lagi bayar listrik, Ozi juga sepatunya sudah gak layak pakai, Bah.”

“Haduh istriku yang cantik ini, kalau itu konteks berbeda, Mi. Ada atau tidak uang panas ini, Insya Allah, Gusti Pengeran bakal nyukupi.” Mencoba Pak Kamad meyakinkan sang Istri.
“Tapi... Biasanya honor Abah tiga bulan sekali lho, Bah? Yakin ndak ngopi sampai tiga bulan mendatang?”

“Hehehehe... Ayu temen istriku kalau cemberut. Ndak usah mikir yang ndak-ndak to, Mi. Ini...” Pak Kamad mengeluarkan sebuah amplop di saku sebelahnya lagi.
“Ini buat Umi, Insya Allah halal. Tadi saat pulang dari Madrasah, Abah dipanggil Pak Cokro untuk memimpin doa di rumahnya. Hanif, Si Bungsu Pak Cokro ulang tahun.”

“Owalah, Alhamdulillah, Baaaah....” Girang Bu Imah sembari menciumi amplop yang satu itu, usai ia ambil dari tangan Pak Kamad.
“Rejeki istri sholihaaah.”

(bersambung)

By : 




Edisi Sebelumnya : Pak Kamad Part 2


www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
Jangan lupa baca artikel : KH. Ulil Albab Arwani pimpin Bimbingan Muqri' Yanbu'a

Untuk melihat lebih jauh tentang semua postingan blog kabarmadrasah ini,, silakan kunjungi Daftar Isi ]

Semoga bermanfaat dan jangan lupa  klik tombol like dan Share Terima Kasih
Comments
0 Comments

No comments:

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Kabarmadrasah.com