Madrasah hebat bermartabat- Lebih baik madrasah - Madrasah lebih baik

Breaking News

20 March 2019

DARUL HIKAM, SEBUAH EKSISTENSI PRESTASI LEWAT PUISI



Kudus, Kabarmadrasah.com - Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif  NU (Porsema) yang diselenggarakan LPM PCNU Kudus 2019 berlangsung dengan penuh antusias di Madrasah Ibtidaiyah Pendidikan Islam, Gondangmanis, Bae, Kudus (16/03). Diikuti oleh perwakilan kecamatan dari seluruh MI dan SD di bawah naungan LP Ma’arif, berbagai cabang olahraga diselenggarakan, di antaranya; bulu tangkis, lari, tenis meja, serta catur. Sedangkan cabang seni meliputi; pidato, puisi, dan seni pencaksilat wiraloka pagarnusa.

Kegiatan seperti ini sangat positif, mengingat banyak pakar pendidikan menilai bahwa anak usia 6-13 cenderung menghabiskan waktu lebih banyak menonton televisi, game, internet, atau main gadget daripada kegiatan yang lebih banyak menguras aktifitas fisik atau hanya sekedar membaca buku. 

Lain hal dengan olahraga yang mampu memacu motorik siswa, pembelajaran sastra di antaranya puisi bisa merangsang imajinasi dan kreativitas anak ketika tumbuh dewasa nanti dan berguna bagi pemantik pikiran untuk pemecahan berbagai masalah sekaligus penghalus budi pekerti. Sebagaimana kita tahu bahwa tokoh keagamaan seperti KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), KH. Musthofa Bisri (Gus Mus), Emha Ainun Najib atau yang kerap disapa Cak Nun atau Mbah Nun, bisa kaya akan gagasan karena mereka sering membaca sastra bahkan mengonsepkan sebuah tulisan yang kita nikmati sebagai syi’ir, puisi, ataupun sajak.

Baca Juga Artikel lainnya :

Pada Porsema tahun 2019 ini, sebuah Madrasah Ibtidaiyah di kecamatan paling selatan yaitu Undaan, letaknya di desa Kalirejo, MI NU Darul Hikam membuktikan eksistensinya kembali dalam mencetak siswa generasi sastra. Adalah ananda Aldi Amwaluddzikri, siswa kelas empat MI NU Darul Hikam mampu menyingkirkan para pesaingnya di ajang lomba baca puisi Porsema 2019 untuk maju ke tingkat propinsi yang diadakan di kabupaten Temanggung, bulan Juni 2019 nanti. Selain membawa pulang piala emas di cabang puisi putra, MI dalam naungan Yayasan Darul Hikam yang diketuai Bapak Aminuddin, S. Si.  ini juga menyabet piala perunggu di cabang puisi religi putri, yaitu Ananda Yassirly A, yang duduk sebagai siswi kelas lima di madrasah tersebut. Meskipun belum berhasil meraih emas yang saat ini diraih oleh Ananda Raisah Muna dari MI Banat Kudus, namun madrasah dengan lokasi di daerah pedesaan yang mampu bersaing dengan madrasah di perkotaan adalah sebuah prestasi yang tak bisa dianggap sebelah mata.

Baca Juga Artikel lainnya :

Foto : Dewan Guru MI NU Darul Hikam Kalirejo bersama
Waspenma Kec. Undaan Kudus
Tak heran bila wajah bahagia terpancar dari Kepala Madrasah, Bapak Wardi, S.Pd.I. atas prestasi anak didiknya tersebut. Ini merupakan prestasi yang harus dipertahankan, mengingat pada ajang Porsema lalu anak didiknya juga berhasil maju ke tingkat propinsi Jawa Tengah masih dalam cabang seni yaitu puisi di ajang Porsema, serta pidato di ajang Aksioma. Tentu saja hal tersebut tak lepas dari tangan dingin para pelatih serta seluruh elemen MI NU Darul Hikam dalam bekerjasama di momen Porsema.

Sudah saatnya anak didik kita kenalkan dengan sastra secara mendalam agar mampu dijadikan sebagai pemantik pemikiran dan falsafah hidup saat dewasanya nanti. Karena kitab suci kita, Alqur’an juga sangat bernilai sastra. Sebuah kalam Illahi yang Allah guratkan dengan keindahan kalimat per kalimatnya. Sebagaimana menerapkan falsafah Al-qur’an, tidak mustahil juga falsafah kasusastraan juga kita tanamkan. Mengenalkan sastra, mengajarkan sastra, untuk masa depan yang lebih bijak. Seperti yang tertulis oleh John F. Kennedy, mantan presiden Amerika, “Jika politik itu kotor, puisi akan membersihkannya. Jika politik bengkok, sastra akan meluruskannya.” (Redaksi: Yani)

www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
Jangan lupa baca artikel : KH. Ulil Albab Arwani pimpin Bimbingan Muqri' Yanbu'a

Untuk melihat lebih jauh tentang semua postingan blog kabarmadrasah ini,, silakan kunjungi Daftar Isi ]

Semoga bermanfaat dan jangan lupa  klik tombol like dan Share / bagikan kepada teman-teman Anda. Terima Kasih
Comments
0 Comments

No comments:

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Kabarmadrasah.com