Madrasah hebat bermartabat- Lebih baik madrasah - Madrasah lebih baik

Breaking News

25 February 2020

Kisah Unik tentang Memuliakan Tamu


Dia datang lalu pergi.
Kedatangannya hanya sebentar, tapi keberkahan yang ia bawa begitu banyak.
Terkadang orang-orang senang karenanya.
Terkadang juga orang-orang tidak menyukainya.

http://www.kabarmadrasah.com/

Rasulullah SAW bersabda :

من كان يؤمن بالله واليوم الآخر فليكرم ضيفه

"Barangsiapa yang beriman dengan Allah dan Hari akhir (hari kiamat) maka hendaknya dia memuliakan tamunya."

Begitu pentingnya ternyata perkara dalam memuliakan tamu. Sampai-sampai Allah mengaitkannya dengan keimanan pada-Nya dan hari kiamat.

Dikisahkan...
Sebagian orang sholeh berkata, "Mengunjungi perempuan bukanlah kebiasaan kami. Tetapi, aku mendengar kabar bahwa di suatu tempat ada seorang perempuan sholehah yang terkenal sangat mulia dan baik hati.

Maka aku pun berkeinginan untuk melihatnya sendiri, aku mendengar bahwa ia memiliki seekor kambing yang mengeluarkan susu sekaligus madu.
Sebelum sampai di desanya aku sempat membeli sebuah mangkuk.

Ketika aku sampai di rumahnya, aku pun memberikan mangkuk itu padanya sambil berkata: "Aku ingin melihat kemuliaan yang terdapat pada kambingmu."
Ia pun menjawab, "Dengan senang hati." 

Ia pun membawa kambing itu kehadapanku.
Lalu ia persilahkan aku untuk memeras susu kambing tersebut

Ketika aku memeras susu kambing itu aku takjub.
Ternyata benar! Kambing itu mengeluarkan air susu dan madu.
Aku pun menanyainya tentang kambing ajaib ini.

"Ya", jawabnya, 
"Kami mempunyai seekor kambing perahan yang kami manfaatkan susunya untuk anak-anak kami, kami tidak memiliki apa-apa selain kambing itu. Kemudian hari lebaran pun tiba, Suamiku menginginkan agar kambing itu disembelih, namun aku menolaknya, karena kambing itu adalah pemberian Allah untuk kami, Suamiku pun mengerti bahwa kami sangat membutuhkan kambing itu, ia pun membatalkan keinginannya."

"Lalu datanglah seorang tamu ke rumah kami sedangkan di waktu itu kami tak memilki apa-apa, maka aku pun meminta suamiku agar menyembelih kambing itu untuk dimasak sebagai jamuan untuk tamu itu. Aku berkata kepada suamiku, 'Dia seorang tamu, kita diperintahkan untuk menjamunya. Ambillah kambing ini dan sembelihlah!'" 

"Setelah mengucapkan itu aku pun takut anak-anakku mendengarnya dan menangis, maka aku pun memerintahkan suamiku untuk menyembelihnya di belakang rumah, agar anak-anakku tidak melihatnya."

"Ketika suamiku sedang menyembelih kambing itu, tiba-tiba meloncatlah seekor kambing kedalam rumah, aku pun berkata kepada suamiku, 'Ikatlah kambing ini lebih kuat, mungkin ikatanmu kurang kuat sehingga dia terlepas', aku pun ke belakang melihat suamiku, ternyata dia sedang menguliti kambing kami.'"

"Aku terkejut, bagaimana bisa kambing itu baru saja masuk ke dalam rumah, sedangkan sekarang dia sedang dikuliti?! Aku pun menceritakan hal ini kepada suamiku."

"Lalu ia pun masuk kedalam rumah sambil berkata, 'Semoga Allah mengganti yang lebih baik untuk kita'. Ternyata benar, kambing yang masuk ke dalam rumah tersebut adalah kambing yang Allah berikan sebagai gantian dari kambing yang kami sembelih, bahkan ia lebih baik dari kambing sebelumnya karena kambing ini mengeluarkan air susu dan madu," ceritanya.

Maka orang sholeh yang mendengar cerita perempuan itu pun takjub dan berkata, "Alangkah ajaibnya, kambing itu menghasilkan susu, sementara Allah menggantikannya dengan kambing yang menghasilkan susu dan madu karena perbuatan kalian yang memuliakan tamu. Sungguh Allah SWT adalah Dzat yang Maha Mulia."

www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
jangan lupa baca artikel :Download RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Comments
0 Comments

No comments:

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Kabarmadrasah.com