Madrasah hebat bermartabat- Lebih baik madrasah - Madrasah lebih baik

Breaking News

07 January 2021

Bimtek Implementasi EDM dan E-RKAM di Kabupaten Kudus

 

Kabarmadrasah.com – Dalam rangka implementasi Proyek  Realizing Education’s Promise – Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR), Kementrian Agama Kabupaten Kudus menyelenggarakan Bimbingan Teknis penerapan sistem  Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Rencana Kerja Anggaran Madrasah berbasis Elektronik (E-RKAM)

Ka.Kankemenag Kudus dan Kepala MAN 2 Kudus 
saat upacara pembukaan BIMTEK 

Kegiatan ini diikuti oleh Tim Inti Madrasah yaitu Kepala, Bendahara dan Staff Madrasah yang dipandu oleh Tim Inti Kabupaten (TIK)  dengan sasaran peserta 88 madrasah (MI, MTs,MA) yang akan dibagi dalam 7 rombel dan 4 angkatan/gelombang selama bulan Januari  2021.

Bimtek dilaksanakan mulai pukul 07.30 sampai 16.45 WIB selama 5 hari setiap rombelnya di MAN 2 Kudus secara bertahap dengan tetap menjaga disiplin protokol kesehatan yang ketat dan mematuhi 3 M ( memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak).

 

Adapun jadual pelaksanaan jika tidak ada perubahan adalah sebagai berikut :

A.  Angakatn ke-1

Rombel 1        dan 2       : 04 s/d 08 Januari 2021

B.  Angkatan ke-2

Rombel 3        dan 4       : 11 s/d 15 Januari 2021

C.  Angkatan ke-3

Rombel 5        dan 6       : 18 s/d 22 Januari 2021

D. Angkatan  ke-4

Rombel 7                        : 25 s/d 29 Januari 2021

 

Acara dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Kudus, Drs. H. Akhmad Mundakir, M.SI, sekaligus memberikan penjelasan Proyek REP-MEQR. Dengan mengingatkan segi tiga emas madrasah yang harus bersinergi agar madrasah maju yaitu Pengurus/yayasan, Kepala madrasah dan jajarannya, serta Komite madrasah. Mereka harus berperan sesuai porsi dan perannya masing-masing.

Baca Juga

“Hal yang terpenting dari Bimtek ini adalah tindak lanjut pelaksanaan hasil setelah bimtek” imbuhnya

 

Sementara Kasi Penmad Kemenag Kudus, H.M. Kafit, S.Ag.M.Pd memberikan materi topik Isu Strategis Peningkatan Mutu Madrasah. Beliau menyampaikan terkait berbagai regulasi yang ada dengan menyandingkan fakta-fakta lapangan. Mulai dari regulasi pergantian  kepala madrasah oleh system Simpatika, regulasi dana BOS terkait buku ajar dan LKS, dll

 


Adapun Tim Inti Kabupaten ( TIK) kabupaten Kudus yang menangani Bimtek EDM dan E-RKAM ini terdiri dari Dra. Hj. Siti Zumaroh, M.Pd, Suyono, S.Pd.I.M.Pd, Maulana Malikuddin, M.Si. Septianti, M.Pd

 

Dari beliau-beliau inilah kami dibimbing bahwa Evaluasi Diri Madrasah (EDM) adalah suatu proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan ditingkat madrasah berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Dengan EDM,  madrasah mampu mengetahui aspek-aspek yang perlu ditingkatkan, serta kekuatan dan kelemahan  yang ada di madrasah dapat diidentifikasi.

 

Hasil EDM akan  digunakan sebagai bahan untuk menetapkan jenis-jenis program/kegiatan prioritas dalam penyusunan rencana peningkatan dan pengembangan madrasah yang dituangkan dalam rencana kerja dan anggaran madrasah (RKAM).

 

Bimtek dilaksanakan dengan mengenalkan Google Suite for Education dan Aplikasi EDM dan RKAM berbasis web kepada madrasah khususnya kepada Kepala, Bendahara dan Staff/Operator sehingga dapat mengimplementasikan Aplikasi ini.

 

Peserta diajarkan bagaimana membuat kelas virtual dan pengisian EDM serta RKAM berbasis elektronik. Diharapkan kegiatan ini akan memberikan banyak kemudahan bagi madrasah.

Demikian artikel ini semoga berkah dan bermanfaat bagi kemajuan madrasah menuju Madrasah Hebat Bermartabat.

www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
jangan lupa baca artikel :Download RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Comments
0 Comments

No comments:

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Kabarmadrasah.com