Madrasah hebat bermartabat- Lebih baik madrasah - Madrasah lebih baik

Breaking News

07 December 2019

CARA JITU AGAR DAPUR GURU TETAP MENGEPUL


Kabarmadrasah.com - Memang sudah diatur dalam hidup ini semua berbeda, ada yang kaya dan ada yang miskin, ada yang jadi bos ada juga karyawan, ada yang jadi guru dan dosen, ada yang jadi kuli bangunan, ada yang jadi usahawan dan segala profesi yang lain, baik yang konservatif maupun yang milenial dengan segala plus minusnya,
http://www.kabarmadrasah.com/

Suatu pekerjaan dengan seragam bagus, bersepatu dan berdasi tidak menjamin income-nya bagus. Pun ada juga pekerjaan yang ditempat kotor, kumuh berjibaku dengan pasir, tanah, dan lumpur namun bergaji mewah. Semua tinggal menjalani dengan syukur, jika bicara puas, semua orang kebanyakan tidak puas. Semua punya penilaian yang berbeda-beda satu dengan yang lain, Wang sinawang kata orang jawa

Menjadi guru , lebih-lebih guru swasta, atau sekedar tenaga kependidikan di sekolah swasta pula bukanlah merupakan zona aman secara ekonomis, dengan segala aktivitas dan tanggung jawabnya membuat sedikit waktu sisa yang dapat digunakan untuk menambah penghasilan dari honor yang masih kebanyakan “pas-pasan”

Baca Juga

Untuk itu, harus pandai-pandai memutar otak agar dapur tetap mengepul, agar HP tetap ada kuota untuk menerima pesan WA, agar dompet tetap ada penghuninya sekedar beli bensin dan jajan anak. 

Beberapa alternative yang dapat dijadikan ikhtiar menambah penghasilan seorang guru swasta di madrasah swasta yang notabenen-nya terkadang honor nunggak 3 bulan ga diberikan, antara lain sebagai berikut :

1. Bisnis jual beli online
Kebanyakan Ibu guru yang kreatif dan memanfaatkan waktu luang dan  gadget agar tidak melulu posting keluh kesah hidup saja, menekuni bisnis online bisa menjadi alternative yang menjanjikan pundi-pundi rupiah. Baik menjual hasil olahan atau karya sendiri maupun orang lain / perusahaan . Barang yang diperjualbelikan secara online biasanya berupa produk kesehatan, kecantikan, fashion, maupun hobi memasak catering  dan membuat kue-kue kering.

Bahkan menurut pengamatan admin, ada juga seseorang yang rela keluar dari perusahaan tempat bekerja untuk lebih serius menekuni bisnis online ini hingga sukses dari segi income, ditambah bonus umroh, bonus traveling ke mancanegara, mobil, kendaraan dan fasilitas lainnya.

2. Penulis artikel online
Bergelut dalam dunia literasi merupakan aternatif yang menarik bagi Anda yang suka coret-coret. Menuangkan ide kreatif, atau merangkai kalimat indah untuk dikirim dan dimuat pada salah satu portal berita/ website. Ada pula portal yang menampung kiriman karya sastra berupa puisi, cerbung dan karya lainnya yang memberikan sekedar reward , tentu sangatlah terkesan dan menjadi sesuatu banget bagi penulis artikel. Kepuasan batin bagi penggiat literasi bila karyanya bisa publish di website terkenal dan dibaca banyak orang, yang tentunya juga berharap membawa banyak kemanfaatan bagi pembaca. Hal ini memang butuh ketekunan dalam belajar dan giat membaca agar terbiasa dalam menulis dan menulis.

3. Penulis Buku
Dibutuhkan keahlian khusus memang untuk bidang yang satu ini. Menjadi penulis buku di sini bisa juga berupa penulis buku LKS atau buku modul pelajaran atau buku bebas semisal buku novel, cerita atau rangkuman trik yang bermanfaat lainnya

Sesuai dengan hobi dan kecenderungan Anda, silakan tulis agar kemanfaatan dirasakan banyak orang. Anda yang bergelut sebagai dokter, silakan tulis buku tentang kesehatan. Anda sebagai guru, tulis saja pengalaman dan trik dalam dunia pendidikan. Bahkan bila jadi pengrajin seni ornamen, kaligrafi , hobi masak, bengkel dan jadi apapun Anda , silakan tulis menjadi buku. Dan tidak mustahil buku Anda dapat dicetak serta diperjualbelikan.

Baca Juga

4. Bimbingan belajar (Bimbel)
Dengan kompetensi yang dimiliki , seorang guru juga dapat membuka kelas bimbingan belajar di rumah.  Keponakan, anak tetangga  maupun anak teman Anda bisa menjadi anak didik dalam bimbel. Semakin ditekuni lambat laun Bimbel Anda akan semakin ramai. Jam bimbingan pun bersifat fleksibel sesuai waktu longgar yang Anda miliki, dan bahkan bila belum banyak peserta bimbel pun, Anda bisa melayani privat ke rumah-rumah.

5. Agen PPOB
Tidak asing lagi, kemajuan teknologi sangat berdampak pada pola pikir dan mobilitas seseorang. Semua serba dimudahkan dengan berbagai fasilitas yang dapat diberikan lewat gadget. Aplikasi bermunculan, diantaranya aplikasi pembayaran listrik, tagihan air, telepon, internet, BPJS , dan masih banyak lainnya.
Sangat tertarik? silakan buka outlet PPOB di rumah Anda.

6. Piara burung
Ada istilah hobi bisa jadi rejeki , berawal dari suka piara burung , banyak juga yang sekarang jadi pengusaha dan penjual burung dengan omset yang lumayan

Dan masih banyak alternative lain yang sangat tidak mungkin dikupas tuntas disini. Misalnya jasa pembuat mahar pernikahan, jasa pembuat kaligrafi, menjadi BPD di desa Anda, jadi Pembawa Acara /MC, penerjemah kitab, jasa pengetikan, menjahit, jualan / warung kelontong, menggarap sawah, tukang servis elektronik, mengelola kolam pemancingan, sablon,  dan lain-lain.

Semua itu mari kita niatkan ibadah, menjemput rejeki untuk nafkah keluarga dan tidak lupa dengan tugas utama sebagai guru , dengan tetap memegang teguh kode etik sebagai guru yang bisa digugu dan ditiru.


www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
jangan lupa baca artikel :Download RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Comments
0 Comments

No comments:

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Kabarmadrasah.com