Madrasah hebat bermartabat- Lebih baik madrasah - Madrasah lebih baik

Breaking News

22 September 2019

Menyongsong Hari Santri Nasional 2019, Logo dan Maknanya

Kabarmadrasah.com-  Bapak/Ibu dan sahabatku semua. dalam menyongsong Hari Santri tahun ini yang akan segera tiba, yakni pada tanggal 22 Oktober 2019 berbagai persiapan telah dilaksanakan oleh berbagai pihak terkait. Diantaranya Kementrian Agama Republik Indonesia melalui Mentri Agama  H. Lukman Hakim Saifuddin beberapa hari yang lalu , Kamis 19/09/2019  telah memulai dan membuka secara resmi rangkaian Peringatan Hari Santri 2019.

Ditetapkan hari santri di Indonesia tiada lain sebagai wujud pengakuan sumbangsih dan kontribusi santri terhadap bangsa Indonesia. Hari Santri tahun 2019 mengangkat tema Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia. Hal itu, untuk mengingatkan para santri di manapun, kapanpun, dan kepada siapapun agar selalu menebarkan kedamaian.

Sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Santri 2019 ,telah diadakan sayembara Cipta Logo Hari Santri 2019 mulai 9 Agustus  s/d  5 September 2019 yang diikuti oleh ratusan peserta. Dalam hal ini sayembara diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Rabithah Ma’ahid Al-Islamiyyah Nahdlatul Ulama (PP RMI NU), oleh penyelenggara telah diumumkan pemenang sayembara tersebut atas nama Muhammad Ainun Na’im ( santri madrasah TBS Kudus dan Pondok Pesantren Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Kudus )

Logo dan Keterangan Logo

Baca Juga

Seperti apa sich logonya? Apa juga penjelasan dari setiap goresan dan symbol yang ada pada logo, simak saja ulasannya di bawah ini :

Logo Hari Santri 2019 terbentuk dari kata “santri” yang ditulis huruf Arab. Kata “santri” membentuk sebuah logo yang menggambarkan kobaran api.
Kobaran api dalam logo Hari Santri 2019 menunjukkan semangat menyala kalangan santri dalam mengamalkan fatwa Resolusi Jihad NU dan semangat mereka dalam memelihara keutuhan NKRI demi mewujudkan Indonesia makmur dan sejahtera.
Logo terdiri atas komposisi sejumlah warna. Gradasi warna biru dan hijau merupakan citra kesuburan dan kemakmuran Indonesia dengan kekayaan alam baik di laut maupun di darat
Warna emas yang menjadi titik pada logo itu menyiratkan santri sebagai generasi emas bangsa Indonesia dan penjaga tradisi keislaman dan keindonesiaan.
Warna emas dalam logo berjumlah lima titik yang menandai lima rukun Islam sebagai simbol keislaman dan menandai lima sila dasar negara sebagai simbol keindonesiaan

Untuk itu, kita sebagai santri ( Kamus Besar Bahasa Indonesia : Orang yang sedang menuntut ilmu agama islam ) tentunya sangat gembira menyambut Hari Santri Nasional 2019 dengan planning kegiatan yang sangat bermanfaat. 

Demikian artikel tentang Menyongsong Hari Santri Nasional 2019, Logo dan Maknanya,  semoga bermanfaat dan senantiasa memotivasi kita dalam menghargai , meneladani dan melanjutkan peran Kyai dan Santri dalam mengisi kehidupan berbangsa dan bernegara dalam meneguhkan NKRI

Sumber : www.nu.or.id

www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
jangan lupa baca artikel : Menyemai kader nahdhiyyah dengan Tahlil
Comments
0 Comments

No comments:

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Kabarmadrasah.com