Madrasah hebat bermartabat- Lebih baik madrasah - Madrasah lebih baik

Breaking News

27 January 2020

Gara-Gara Ghibah dan Namimah



Setiap saat senantiasa ngerumpi bahas ini itu, ujung-ujungnya ngomongin orang.
Itulah kegiatan orang-orang yang kurang kerjaan. Kelihatannya sepele, padahal dosanya besar. Orang-orang itu bukan mustahil adalah kita, Astaghfirullohal 'Adhim

Ada beberapa hal yang menyebabkan permusuhan dan perpecahan di antara sesama teman, tetangga, kerabat dan komunitas lainnya , yaitu: Ghibah dan Namimah.
    
    Lalu, apakah ghibah dan namimah itu?  yuk kita belajar bersama !
    1.   Ghibah
Ghibah adalah engkau membicarakan seseorang di kala ia tidak ada di tempat dan ia tak menyukai pembicaraanmu jika dia mendengarnya. Baik dengan lisan atau tulisan ataupun isyarat saja. Meskipun hal itu bukan kejelekannya, sekiranya ia mendengar dan tak akan menyukainya, maka itu termasuk ghibah lho!

Ghibah adalah perbuatan yang sangat tercela.
Allah SWT berfirman,
ويل لكل همزة لمزة 
"Celaka (neraka wail) bagi setiap pengumpat dan pencela."
Allah SWT telah mewahyukan kepada Nabi Musa as, "Barangsiapa yang meninggal dunia dalam keadaan bertaubat dari perbuatan ghibah, maka ia adalah orang yang terakhir masuk surga. Dan barangsiapa yang meninggal dunia dalam keadaan selalu melakukan perbuatan itu, maka ia adalah orang yang pertama kali masuk neraka."

Baca Juga


    2.   Namimah
Namimah (adu domba) adalah menceritakan omongan seseorang kepada orang lain dengan tujuan untuk merusak hubungan di antara keduanya sehingga mereka menjadi saling bermusuhan.

Gara-gara namimah, suami istri menjadi bertengkar, satu saudara bermusuhan, teman sekantor tak ma bicara, sesama tetangga tidak bertegur sapa.

Orang yang merusak hubungan diantara dua orang saja, maka dia ternilai melakukan pelanggaran berat di sisi Allah. Apalagi jika sampai menimbulkan fitnah dan menyebarkannya sehingga mengakibatkan keresahan dan perpecahan di antara sesama manusia. Maka dia akan jauh dari rahmat Allah serta sangat dibenci oleh-Nya.

Rasulullah SAW bersabda:
لا يدخل الجنة النمام
Tidak akan masuk surga seorang pengadu domba."

Dalam hadits lain Rasulullah SAW bersabda, "Orang yang paling dibenci oleh Allah di antara kalian adalah orang yang selalu mengadu domba di antara orang-orang yang saling kasih sayang, dan orang yang membuat perpecahan diantara saudara-saudara."


Ghibah dan namimah adalah perbuatan yang kerap kali kita jumpai, bahkan terkadang kita sendiri melakukannya, baik sengaja ataupun tidak, baik mengakui atau tidak mengakui.

Karena itu, hendaknya kita berhati-hati jangan sampai merusak hubungan di antara sesama muslim yang dalam kedamaian dengan mengadu domba dan ghibah atau semisalnya.

Kita wajib menjaga kedamaian dan kerukunan terlebih di antara sesama muslim, karena sesama muslim itu bersaudara. Dan persaudaraan itu diikat langsung oleh Allah SWT karena iman kepada-Nya.

Sumber: Kitab Risalah Muawanah.

www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
jangan lupa baca artikel :Download RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Comments
0 Comments

No comments:

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Kabarmadrasah.com