Madrasah hebat bermartabat- Lebih baik madrasah - Madrasah lebih baik

Breaking News

01 September 2022

Praktek menanam kacang hijau dengan media kapas

 

Untuk memperkenalkan kepada anak didik tentang tumbuh kembang tanaman, langkah paling simple adalah mengajak anak didik untuk praktek sendiri cara menanam kacang hijau sampai menjadi kecambah. Dalam praktek ini, selain memakai media tanam tanah, kita juga bisa memakai media lain.

Salah satu media yang paling mudah dijumpai dan digunakan untuk praktek tumbuh kembang kacang hijau adalah kapas. Yuk kita simak praktek menanam kacang hijau dengan media kapas:

gambar : flowerian.com
1. Pemilihan Tempat Tanam

Agar kacang hijau dapat tumbuh dengan baik menjadi kecambah, maka langkah pertama yang harus dilakukan yaitu memilih lokasi tanam yang sesuai. Beberapa karaketeristik lokasi tanam yang sesuai untuk menanam kacang hijau antara lain

  1. 1. Lokasi yang tidak terlalu panas atau tempat yang teduh.
  2. 2. Untuk melakukan proses pemindahan, pastikan bahwa tempatnya terjangkau seperti teras rumah,halaman rumah atau pekarangan.
  3. 3. Lokasi terbebas dari kotoran atau polusi seperti debu dan sampah lainnya

2. Pembuatan Media Tanam

Praktek menanam kacang hijau untuk menjadi kecambah dengan media kapas sangatlah mudah karena kita tidak perlu lagi menggunakan tanah. Cara pembuatan media tanam dengan kapas antara lain:

  • a. Siapkan alat dan bahan seperti gelas platik bekas, pisau atau gunting, kapas, dan juga air.
  • b. Gunakan kapas biasa, atau bisa diganti dengan tissu
  • c. Masukkan kapas kedalam wadah penanaman seperti gelas atau botol plastik. Padatkan kapas hingga mencapai ketebalan sekitar 2-4 cm lalu basahi dengan air.
  • d. Agar kapas tidak terlalu basah, kita bisa membasahinya dengan menggunakan spray (semprot air)

3. Persiapan Benih Kacang Hijau

Agar kecambah yang dihasilkan berkualitas, maka kita harus selektif dalam memilih benih. Langkah-langkah yang harus dilakukan pada proses persiapan benih kacang hijau antara lain:

  1. 1. Pilihlah minimal 5 butir benih  kacang hijau berkualitas baik,tidak terlalu kecil bijinya, lalu cuci bersih dengan air 
  2. 2. Untuk mengetahui bagus tidaknya kualitas benih, kita bisa melakukan pengujian dengan merendamnya kedalam air selama 1 menit.

       Jika ada benih yang mengapung, hal tersebut menandakan bahwa kualitas benih tersebut rendah.

  • a. Jika sudah didapat benih layak tanam, tebar benih pada media kapas yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • b. Ketika melakukan proses penebaran benih, pastikan bahwa terdapat jarak antara benih sehingga kecambah dapat tumbuh dengan leluasa.

4. Perawatan Kecambah

Proses perawatan pada kecambah cukup mudah. Beberapa hal yang harus dilakukan pada proses perawatan kecambah antara lain:

  • 1. Siram /semprot kapas untuk menjaga kelembaban kapas. Kelembaban kapas perlu dijaga agar kecambah dapat tumbuh dengan baik.
  • 2. Letakkan wadah penanaman pada tempat yang aman dengan sinar matahari yang cukup di pagi hari. Ketika siang hari, pindahkan wadah ke tempat yang teduh.
  • 3. Kecambah sudah bisa dipanen 7 hari setelah penanaman.
Demikian langkah simple dalam praktek menanam kacang hijau sampai menjadi kecambah. Setidaknya, jika anak didik mengalami sendiri pengalaman ini, akan berkesan dan menjadi skill tersendiri, Selamat mencoba

 

www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
jangan lupa baca artikel :Download RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Comments
0 Comments

No comments:

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Kabarmadrasah.com