Madrasah hebat bermartabat- Lebih baik madrasah - Madrasah lebih baik

Breaking News

05 December 2018

Workshop Manajemen Taman Pendidikan Al-Qur'an Kabupaten Kudus

Kudus, Kabarmadrasah.com –BADKO ( Badan Koordinasi) TPQ  Kudus mengadakan Workshop Manajemen Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Tingkat Kabupaten Kudus pada hari Rabu, 5 Desember 2018 bertempat di Hotel @Home  yang beralamat di  Jl. Tanjung No. 14 – 16 Kudus Central Java.
Workshop ini dihadiri oleh :
1. Kabag. Kesra Setda Kabupaten Kudus Bapak Drs. H. Mundir,MM.  
2. Ka. Kankemenag Kab. Kudus yang diwakili oleh Kasi PD. Pontren Bapak Drs. H. Abdul Jalil
3. Ketua II (Diklat) BADKO TPQ Propinsi Jawa Tengah 
4. Ketua BADKO TPQ Kab. Kudus
5. Ketua BADKO  Kecamatan se-Kabupaten Kudus
6. Kepala / Guru perwakilan TPQ se-Kabupaten Kudus baik yang memakai Metode Qiro’ati maupun Yanbu’a 

Dalam laporan panitia penyelenggara disampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program BADKO TPQ Kabupaten Kudus dalam upaya meningkatkan Kualitas TPQ  di Kabupaten Kudus , baik peningkatan kualitas secara lembaga, tenaga pengajar, santri maupun peningkatan kualitas dalam manajemen pengelolaan pendukung lainnya, lebih lanjut masih menurut Panitia Penyelenggara bahwa kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 135 peserta dari unsur pimpinan lembaga TPQ maupun Ustadz- Ustadzah di Kabupaten Kudus.

Acara workshop Manajemen Taman Pendidikan Alqur’an (TPQ) Kabupaten Kudus Tahun 2018 ini dilaksanakan mulai pukul 07.00 sampai 16.00 WIB yang secara simbolis dibuka secara resmi oleh Bapak Drs. H. Mundir,MM (Kabag Kesra Setda Kab. Kudus) 
http://www.kabarmadrasah.com/
Usai sambutan dan membuka acara, beliau Bapak Drs. H Mundir ,MM sekaligus didaulat sebagai nara sumber workshop yang pertama  dengan tema : Kebijakan Pemerintah Kabupaten Kudus dalam Pembinaan Pendidikan Alqur’an.
Beliau menyampaikan beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam kaitannya dengan administrasi pemberkasan insentif guru madrasah (TPQ,Madrasah Diniyyah dll) dari Pemerintah Kabupaten Kudus Tahun 2019 sesuai Visi dan Misi Bupati Kudus terpilih Bapak H.Moh. Tamzil,MT, diantaranya tentang dokumen-dokumen penting lembaga ( Surat Ijin Operasional), tenaga pendidik ( SK Guru, Surat Tugas, Syahadah, Ijazah Terakhir dll), dan system pengarsipan lembaga yang baik. Selain itu , ditegaskan kembali tentang kriteria-kriteria guru penerima tunjangan dan tidak bisa menerima tunjangan dengan jelas .

Adapun nara sumber  yang kedua dari Ka. Kankemenag Kab. Kudus yang disampaikan oleh Kasi PD. Pontren Kankemenag Kab. Kudus Bapak Drs. H. Abdul Jalil dengan tema : Kebijakan Kementrian Agama Kab. Kudus dalam Pendidikan Alqur’an

Dalam makalah yang disampaikan, beliau menjabarkan tentang : 
1. Dasar Pendidikan TPQ
2. Pengertian TPQ adalah pendidikan Diniyyah Al-Qur’an yang merujuk pada klassifikasi Pendidikan Islam pada Dirjen Pendis Kemenag RI merupakan Pendidikan Keagamaan yang diselenggarakan oleh masyarakat pada jalur non formal.
3. Klassifikasi Pendidikan Diniyyah Non Formal
4. Tugas dan Fungsi Kementrian Agama
5. Kebijakan Kemenag Kab. Kudus dalam Pendidikan Al-Qur’an
6. Rekapitulasi data TPQ perbulan November 2018 Kab. Kudus

Baca Juga Artikel lainnya :

Sedangkan Materi yang ketiga dan keempat dilaksanakan mulai pukul 12.30 WIB s/d 16.00 WIB dengan beriringan dimulai dari Ketua BADKO TPQ Kab. Kudus Bapak H. Zainal Fahmi, S.Ag  dengan tema : Pengelolaan Manajeen Taman Pendidikan Alqur’an. 

Beliau  mengupas tuntas sejarah keberadaan Taman Pendidikan Alqur’an ( TPQ ) di Indonesia, Pedoman penyelenggaraan TPQ, Standart Kurikulum , Standar Kelulusan serta pembinaan secara internal kelembagaan TPQ di Kudus 
Bapak H. Zainal Fahmi, S.Ag  juga secara khusus memberikan himbauan kepada ustadz-ustadzah agar saat mengajar santri, diharap tidak mengoperasikan gadget dan juga tidak  merokok.
http://www.kabarmadrasah.com/

Kegiatan workshop manajemen Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Kabupaten Kudus tahun 2018 diakhiri dengan nara sumber dari BADKO TPQ Propinsi Jawa Tengah Bapak Drs. H. Sihabuddin,MM  dengan tema : Peranan BADKO TPQ Propinsi Jawa Tengah dalam Mewujudkan Generasi Qur’ani

Materi ini mengupas tentang visi misi BADKO, Strategi umum, arah pembinaan dan pengembangan TPQ secara kuantitas dan kualitas, serta pegertian ustadz, fungsi ustadz dan kriteria ustadz yang ideal.

Demikian sekedar artikel tentang worksop manajemen Taman Pendidikan Al-Qur’an Tingkat Kabupaten Kudus dari  catatan kami sebagai peserta workshop. 

Semoga kegiatan ini menambah khazanah keilmuan dan memotivasi perbaikan dan penyempurnaan manajemen tata kelola Taman Pendidikan Alqur’an menuju terwujudnya generasi Qur’ani , menyongsong masa depan gemilang , yang menjadi visi dari BADKO  Taman Pendidikan Al-Qur’an 

www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
Jangan lupa baca artikel : Download RPP Tematik Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Untuk melihat lebih jauh tentang semua postingan blog kabarmadrasah ini,, silakan kunjungi Daftar Isi ]

Semoga bermanfaat dan jangan lupa  klik tombol like dan Share Terima Kasih
Comments
0 Comments

No comments:

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Kabarmadrasah.com