Madrasah hebat bermartabat- Lebih baik madrasah - Madrasah lebih baik

Breaking News

16 August 2017

Kelompok Kerja Guru (KKG)

www.kabarmadrasah.com

Kabarmadrasah.com – Bapak Ibu guru tentu sudah sangat akrab dengan istilah KKG, karena merupakan wadah para guru MI/SD dalam satu kecamatan untuk berbagi informasi , masalah, pengalaman dan lain sebagainya. KKG dapat dibedakan atas KKG MI/SD, KKG Penjas, KKG Agama. Tentu saja sebagai guru kelas, bapak Ibu paham bahwa KKG MI/SD beranggotakan guru kelas MI/SD, KKG Penjas beranggotakan guru Pendidikan Jasmani, sedangkan KKG Agama beranggotakan Guru-guru Agama. KKG bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru melalui arena bertukar pikiran, pengalaman, dan informasi sehingga para guru dapat berkembang menjadi guru yang professional , yang mampu meningkatkan kreatifitas dan efektifitas dalam mengelola pembelajaran, sehingga mampu menemukan atau menciptakan inovasi dalam pembelajaran.
Sejalan dengan tujuan tersebut , KKG pada dasarnya merupakan kelompok kerja yang menfokuskan perhatian pada peningkatan kualitas pembelajaran, yang selanjutnya diharapkan akan bermuara pada peningkatan mutu pendidikan. Peningkatan kualitas pembelajaran mencakup berbagai komponen yang saling terkait seperti kurikulum, perangkat pembelajaran, dan tentu saja pembelajarannya sendiri., termasuk evaluasinya.

Di samping mengembangkan perangkat pembelajaran, berbagai kegiatan lain dapat dilakukan guru melalui forum KKG antara lain
1.    Berbagi pengalaman tentang pembelajaran yang sudah dilaksanakan oleh guru, baik yang berupa praktek-praktek yang dianggap berhasil (best practices) maupun masalah yang perlu dipecahkan bersama-sama.. Kegiatan seperti ini dapat dijadwalkan secara teratur , sehingga setiap anggota KKG dapat menyampaikan pengalamannya. Pengalaman yang menyenangkan dapat dimodelkan kembali atau kalau mempunyai rekaman/video dapat diputarkan, sehingga para anggota dapat menghayati pengalaman tersebut. Masalah pembelajaran yang muncul dapat dianalisis bersama-sama, sehingga terungkap akar penyebabnya, kemudian bersama-sama dipikirkan cara mengatasinya.
2.    Berbagi informasi tentang model-model pembelajaran terbaru.
Guru merupakan ujung tombak pembaharuan, oleh karena itu, seyogianya guru selalu berusaha memperluas wawasannya melalui berbagai cara. Jika seorang guru mendapat informasi atau pernah mengikuti pelatihan tentang model-model pembelajaran, guru tersebut dapat menyajikan pengalamannya dalam pertemuan KKG, atau mengundang orang yang dianggap ahli dalam model pembelajaran tersebut.
3.    Penelitian mengenai kinerja guru menunjukkkan bahwa para guru , termasuk guru MI/SD masih banyak yang mempunyai masalah dalam menyajikan konsep tertentu.
Oleh karena itu, KKG seyogianya juga berupaya menyentuh “metodik khusus’ mata pelajaran tertentu atau yang dalam bahasa asing disebut “ pedagogical content”. Misalnya, bagaimana mengajarkan konsep pecahan di kelas 3, bagaimana mengajarkan ketrampilan berbahasa Indonesia, atau bagaimana mengajarkan demokrasi di kelas 6. Demikian pula cara menangani anak-anak yang bermasalah seyogianya dijadikan agenda dalam kegiatan KKG. Sehubungan dengan hal ini, guru-guru dalam forum KKG dapat membentuk kelompok-kelompok kecil yang masing-masing menggarap bidang-bidang yang paling dikuasainya. Hasil kerja setiap kelompok dipresentasikan dalam KKG, didiskusikan, disimulasikan bila perlu, dan kemudian dicobakan oleh masing-masing guru. Setiap kelompok dapat berkonsultasi dengan pakar pembelajaran yang dianggap kompeten.
4.    Menyelenggarakan Seminar Ilmiah merupakan satu kegiatan yang dapat diprakarsai oleh KKG.
Sebagai guru MI/SD , topic seminar sebaiknya berkisar pada masalah pembelajaran di MI/SD dan topic-topik pendidikan lainnya yang sedang hangat seperti penerapan Kurikulum 2013 edisi revisi 2017, administrasi sertifikasi, pendidikan profesi atau pendekatan terbaru dalam pembelajaran. Pembicara seminar dapat berasal dari guru yang mungkin menyajikan laporan PTK atau dari pakar lain yang relevan. Seminar dapat melibatkan guru dari satu kabupaten/kota, dan jika mampu dapat menjangkau wilayah yang lebih luas misalnya propinsi.

Beberapa wadah peningatan profesionalitas guru selain KKG diantaranya adalah : LPMP ( Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, klinik Pembelajaran (KP ), Lembaga Pendidikan tenaga kependidikan ( LPTK ) , Persatuan Guru republic Indonesia ( PGRI ) dan Kursus-kursus.

Demikian artikel tentang Kelompok Kerja Guru ( KKG ) semoga bermanfaat, tentunya bagi peningkatan profesionalitas guru dan peningkatan mutu madrasah/sekolah di wilayah kita khusunya, dan Pendidikan Indonesia pada umumnya

Untuk melihat lebih jauh tentang semua postingan blog kabarmadrasah ini,, silakan kunjungi Daftar Isi ] 
Semoga bermanfaat dan jangan lupa klik  tombol like dan share  di bawah ini  , Terima Kasih

www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
jangan lupa baca artikel :MI NU Miftahul Falah Peduli Kesehatan
Comments
0 Comments

No comments:

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Kabarmadrasah.com