Madrasah hebat bermartabat- Lebih baik madrasah - Madrasah lebih baik

Breaking News

08 March 2023

Ayo ke madrasah, ini pilihan madrasah ibtidaiyyah di Undaan Kudus

 

Kabarmadrasah.comSesuai dengan slogan "Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah", madrasah semakin di depan. Kualitas madrasah saat ini dinilai tidak berbeda jauh dengan sekolah umum di Indonesia, baik dari segi fisik bangunan /sarpras, mutu pendidikan, prestasi siswa maupun sumber daya manusianya. Bahkan tak jarang, madrasah lebih unggul dibanding sekolah umum.

Tak jarang ditemui, bahwa kader-kader bangsa lulusan madrasah mampu bersaing pula dengan lulusan sekolah pada umumnya, seperti jadi pengusaha, presiden, ulama', jurnalis dan posisi-posisi penting di pemerintahan dan masyarakat. dan lain-lain. 

Benar seperti yang pernah dikatakan oleh Direktur Pendidikan Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam, Kemenag, M Nur Kholis Setiawan. “Melalui slogan ‘lebih baik madrasah, madrasah lebih baik’, para siswa madrasah kini telah mampu bersaing dengan para siswa lainnya di Nusantara.”

Menurut Kementerian Agama, ada 7 alasan mengapa kita harus memilih sekolah di madrasah, ketujuh alasan tersebut adalah:

1. Sejarah telah mencatat bahwa madrasah telah melahirkan pemimpin di bidang pendidikan dan agama (scholar), negarawan dan bahkan pahlawan. Sebut saja misalnya Wahid Hasyim, Hamka, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Nurcholis Madjid (Cak Nur), KH M.A Sahal Mahfudz, AR. Fakhruddin dan Mahfud MD.

 

2.   Madrasah tumbuh dan berkembang dari, oleh dan untuk rakyat (masyarakat) berbeda dengan sistem pendidikan sekolah biasa atau community-based education. Dalam sejarahnya madrasah memiliki akar yang kuat untuk perjuangan bangsa dan memberantas kebodohan.

 

3. Madrasah telah memadukan dua kurikulum: kurikulum dari Kemdikbud dan Kurikulum dari Kementerian Agama. Atau dengan kata lain, madrasah juga memberikan materi pelajaran umum, sebagaimana sekolah-sekolah biasa dan juga memberikan materi-materi pelajaran agama yang lebih kuat dibandingkan yang lain, Madrasah tidak hanya mengajarkan ilmu, tetapi juga menanamkan akhlak yang mulia.

 

4.   Madrasah tidak lagi dianggap sebagai pelengkap sistem pendidikan nasional, melainkan madrasah semakin menorehkan prestasi tidak hanya di bidang tafaqquh fi al din, akan tetapi juga dibidang-bidang lainnya, seperti riset ilmiah, vokasional, kewirausahaan, lingkungan (adiwiyata), dan sebagainya.

 

5. Madrasah tidak hanya mencetak kader intelektual yang profesional dan pintar saja, melainkan juga kader muslim yang berintegritas, berkarakter, dan berakhlak mulia. Profesionalitas tanpa integritas akan membawa kerugian dan kehancuran. Sebaliknya integritas tanpa profesionalitas, akan menyebabkan kita jalan di tempat di tengah dunia yang kompetitif.

 

6. Pendidikan madrasah menyentuh empat dimensi pendidikan, yakni dimensi pikir (kognisi), dimensi hati (spiritual), dimensi rasa (estetika), dan dimensi raga (fisik).

 

7.   Mencetak anak yang memiliki pandangan keagamaan yang rahmatan lil ‘alamin dan menghargai kearifan lokal.

 

 Oleh karena itu, lewat artikel ini, kami sampaikan beberapa pilihan madrasah yang dapat digunakan sebagaii acuan bapak/ibu wali / orang tua untuk menyekolahkan putra-putrinya ke madarsah Ibtidaiyyah yang ada di Kecamatan Undaan Kudus sesuai letak geografis, kenyamanan, dan fasilitas yang tersedia, serta prestasi-prestasi yang diraih. Dan tidak kalah pentingnya visi misi dari madrasah itu sendiri dapat dijadikan acuan

Tentunya urutan ini bukanlah urutan peringkat, namun secara acak berdasarkan data flyer PPDB madrasah yang bersangkutan yang masuk ke  admin kabarmadrasah.com

Berikut ulasannya :

1.   MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah

Madrasah ini berlokasi di Desa Undaan Tengah Gang 08 / RT 04/02 Undaan Kudus. Letaknya yang strategis berada di dekat masjid dan balai Desa Undaan Tengah, Juga TK Pertiwi Undaan Tengah.

2.  MI NU Tamrinut Thullab Undaan Lor

Madrasah ini terletak di pinggir jalan raya Kudus-Purwodadi Desa Undaan Lor gang 19 Undaan Kudus. Aksesnya sangat mudah, soal prestasi tak diragukan lagi.

3.   MI NU Manbaul Huda Gatet Undaan Kudus


Madrasah ini terletak di desa Gatet Undaan Kudus. Letaknya sangat strategis dengan pusat keagamaan (Masjid)

4.   MI Raudlatut Tholibin


Madrasah ini terletak di Desa Sambung Undaan Kudus. Kategori madrasah baru yang melejit dengan slogan Tahfidz tanpa Mondok ini mampu menyedot perhatian para pemerhati madrasah.

 5.      MI NU Miftahul Falah Kutuk

6.      MI NU maslakul falah Glagah Waru

7. MI NU Miftahul Khoiriyah Lambangan

8.    MI NU Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus

9. MI NU Mawaqiul Ulum Medini Undaan Kudus

10.  MI NU Hidayatul Mubtadiin Undaan Kidul Kudus

11.  MI NU Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus

12.  MI Muhammadiyah Undaan 

13. MI NU Nahdlatus Shibyan Ngemplak Undaan Kudus

(Sekali lagi, urutan ini bukan urutan prestasi, bukan urutan berdasarkan kategori apapun)

Demikian beberapa alasan agar kita tidak main-main atau coba-coba dalam urusan memilih tempat pendidikan putra-putri kita. kami berharap artikel ini dapat menjadi referensi dan informasi yang bermanfaat bagi Bapak/Ibu selaku orang tua yang akan memasukan putra-putrinya ke dunia pendidikan tingkat dasar

Semoga putra-putri kita menjadi putra-putri yang sholih dan sholihah, menjadi penerus sujud kepada Allah SWT , cinta Rasul cinta sesama, berguna bagi bangsa dan negara tercinta , Indonesia, Aamiin

 Ayo ke Madrasah. Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah


 

 

Comments
0 Comments

No comments:

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Kabarmadrasah.com