Madrasah hebat bermartabat- Lebih baik madrasah - Madrasah lebih baik

Breaking News

10 January 2022

HAB KEMENAG DIGELAR DENGAN LOMBA DAN KHOTMIL QUR'AN DI UNDAAN

 

Kabarmadrasah.com -  (10/01/2022) - Senin pagi bertempat di Aula Kampoeng Sawah, Peringatan HAB Kemenag ke-76 digelar diawali dengan pembacaan hadloroh serta khotmil Qur'an dan tahlil oleh Bapak Ahmad Suhud, S.Pd.I., Bapak Ahmad Haris, S.Th.I, S.Pd., serta doa Bapak H. Ali Murtafiin, S.Pd.I.

 


Sebuah suguhan Mars Madrasah oleh Paduan Suara MI NU Miftahul Falah Kutuk menjadi penyambung rangkaian pra acara menuju sambutan pertama oleh Ketua KKMI Kecamatan Undaan, Bapak Supono, S.Pd.I., M.Pd.I.

 

Dalam sambutan tersebut, beliau menyampaikan bahwa kegiatan sebenarnya tidak berbeda dengan peringatan HAB Kemenag tahun sebelumnya, yang mana diisi kegiatan lomba dan tasyakuran. Namun yang jadi pembeda, untuk tahun ini lomba tidak hanya diikuti siswa saja, akan tetapi seluruh komponen. Yaitu Kepala, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta siswa-siswi RA dan MI. Lebih lanjut beliau juga menuturkan bahwa untuk MI se-Kecamatan Undaan nanti setelah ini akan rutin menyelenggarakan khotmil Qur'an setiap bulan.

 

Kaitannya dengan perlombaan yang telah dilaksanakan, beliau juga menuturkan bahwa para juri yang menilai lomba tersebut sudah kompeten di bidangnya. Dan kepada sejumlah 236 Pendidik dan Tenaga Kependidikan RA MI yang hadir, beliau memohon maaf apabila dalam peringatan HAB Kemenag tersebut masih banyak kekurangan.

 

Usai pra acara, dibuka oleh Ibu Lilik Ernawati, S.Pd.I, Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pengawas Madrasah, Bapak H. Masruchin, S.Ag., M.Pd., Kasi Penmad yang baru dilantik yaitu Ibu DR. Hj. Salma Munawaroh, S.Pd.I., M.Pd.I., serta Kepala Kankemenag, Bapak H. Suhadi, S.Ag., M.S.I.

 

Jika Bapak H. Masruchin menekankan tentang informasi yang harus diketahui terkait dinas, yaitu surat edaran nomor 624/2001 tentang Pedoman Supervisi oleh Dirjen Pendis serta surat edaran nomor 633/2001 tentang Supervisi Pendidikan, serta konsep dan evaluasi guru dalam kaitan surat edaran tersebut, maka DR. Hj. Salma Munawaroh, S.Pd.I., M.Pd.I. membukakan pemahaman pentingnya dunia digital untuk dikuasai oleh guru, semisal Sosial Media mencakup YouTube, yang mana jika guru mampu mengisi konten edukatif di dalamnya maka akan menjadi hal baik bagi muridnya jika diakses.

 

Senada dengan hal tersebut, Bapak H. Suhadi, S.Ag., M.S.I. juga menyampaikan tentang transformasi digital dan berbagai aplikasi yang harus dikuasai oleh guru dan tenaga kependidikan. Beliau juga menekankan pentingnya tawasuth atau jalan tengah karena Islam adalah agama yang rahmatan lil 'alamin, madrasah harus bisa menjadi agen perubahan, serta guru harus faham moderasi beragama.

 

Acara dimeriahkan dengan penyerahan trophy kejuaraan dari masing-masing cabang lomba yang telah diselenggarakan sebelumnya. Baik diikuti oleh siswa, guru, tenaga kependidikan, maupun Kepala MI atau RA. 

(Redaksi : Yani)

www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
jangan lupa baca artikel :Download RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Comments
0 Comments

No comments:

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Kabarmadrasah.com