Madrasah hebat bermartabat- Lebih baik madrasah - Madrasah lebih baik

Breaking News

21 August 2018

4 Hal Penting dalam Pelaporan Dana BOS

Kabarmadrasah.com - Kudus, Selasa, 21 Agustus 2018 bertempat di Aula Kementrian Agama Kabupaten Kudus diadakan sharing-sharing informasi terkait tindak lanjut notisi audit kinerja Inspektorat Jendral Kementrian Agama RI pada kegiatan BOS.

http://www.kabarmadrasah.com/
Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan bendahara MI sekabupaten Kudus, tiap kecamatan 2 orang untuk kemudian diminta meneruskan informasinya kepada teman-teman bendahara tingkat kecamatan masing-masing. dan nantinya juga akan dilanjutkan bendahara MTs dan MA pada waktu dekat.

Dalam kegiatan tersebut disampaikan oleh Plt.Kasi Pendidikan Madrasah beliau Bapak HM. Kafit beberapa hal mengenai perbaikan dan masukan dalam mengelola dan pelaporan dana BOS madrasah 

Beberapa point penting dalam pembuatan laporan BOS ( Bantuan Operasional Sekolah ) yang kami catat adalah sebagai berikut : 

1. Pedomani Juknis BOS 
    Bendahara BOS diminta selalu berpedoman Juknis BOS dalam pembelanjaan dana BOS dan pelaporannya, karena itu berasal dari APBN. Jangan dikira-kira sesuai selera dan keinginan tanpa melihat dan mengacu Juknis yang ada. Dan perlu diketahui, bahwa Juknis BOS tiap tahun itu berbeda dengan tahun berikutnya, maka dari itu perlu kejelian dalam menafsiri dan memahaminya.

     Bagi Bapak/Ibu bendahara BOS yang membutuhkan Juknis BOS 2018 bisa didownload dengan klik link berikut :   Juknis BOS Madrasah 2018
Untuk Juknis BOS 2017 silakan kunjungi artikel kami sebelumnya  BOS beda tahun, beda Juknis
   Selain Juknis BOS, dalam transaksi pengeluaran berupa insentif kegiatan dianjurkan mempedomani Peraturan Mentri Keuangan. 
  a. SPJ BOS 2017  berpedoman pada PMK no 78/PMK.02/2017 tentang Standar Biaya Masukan tahun anggaran 2017
Untuk mendownload silakan klik Download
  b. SPJ BOS 2018   berpedoman pada PMK  no 37/PMK.02/2018 tentang Standar Biaya masukan tahun Anggaran 2018
Untuk mendownload silakan klik Download

Baca Juga Artikel lainnya :

2. Unggah Soft File SPJ 
    Dalam kegiatan ini disampaikan pula bahwa setiap madrasah diwajibkan membuat akun google drive untuk mengunggah / upload secara mandiri, terutama seluruh file SPJ BOS 2018 mulai dari buku kas , nota,kuitansi,tanda terima dan lain-lain

3. Periksa dan Validkan data pasca PPDB
    Jumlah peserta didik sebagai patokan berapa dana BOS yang akan disalurkan pada rekening madrasah sangatlah urgent. Pergantian tahun pelajaran berpeluang adanya perbedaan dan pergeseran jumlah peserta didik. Untuk itu perlu divalidkan data sebenarnya agar dana BOS segera bisa dicairkan

4. Adanya perubahan susunan laporan 
    Kalau biasanya, kita hanya diminta data SPJ berupa Dokumen Pengajuan ( BOS-06, BOS-09, RKAM) dan Laporan ( BOS-07, BOS-08) selang beberapa waktu diminta juga Buku Kas dan kuitansi berikut notanya. Untuk sekarang ini ada perbedaan susunan laporan SPJ seperti :
  • Halaman Judul, 
  • Kata Pengantar, 
  • Daftar Isi , 
          A. Pendahuluan ( Umum,Maksud dan Tujuan,Ruang Lingkup,Dasar)
          B. Pelaporan ( BOS-K1, BOS 2A/2B/2C, BOS-03, BOS-04,BOS-06,BOS-07,BOS-08,BOS-09)
          C. Pembukuan ( BOS K-2, pembantu kas, BOS K-3, Pembantu bank) dilampiri kuitansi,   
               nota,tanda terima honor undangan rapat,SPPD,notulen dll
          D. Evaluasi Kegiatan
          E. Simpulan dan Saran
  • Penutup
 Demikian artikel tentang 4 Hal Penting dalam Pelaporan Dana BOS Madrasah , semoga apapun regulasi yang menyertai terkait dana BOS, kita senantiasa diberi kekuatan, kesabaran dan keikhlasan dalam menerima tugas sebagai bendahara BOS madrasah, semoga membawa manfaat bagi kita semua Amiin.

www.kabarmadrasah.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
Jangan lupa baca artikel : Hasil KSM Jawa Tengah 2018 Jenjang MA

Untuk melihat lebih jauh tentang semua postingan blog kabarmadrasah ini,, silakan kunjungi Daftar Isi ]

Semoga bermanfaat dan jangan lupa  tombol like dan Share Terima Kasih
Comments
0 Comments

No comments:

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Kabarmadrasah.com